Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambangi China, Bos Apple Mampir ke 'Apple Store' Beijing

Kompas.com - 27/03/2012, 12:15 WIB

KOMPAS.com - Seorang pramuniaga Apple Store di pusat perbelanjaan Joy City Beijing, China, seperti tak percaya dan terkejut bukan kepalang ketika ia melihat CEO Apple Tim Cook mengunjungi tokonya, Senin (26/3/2012), sekitar pukul 11 siang waktu setempat.

Ya, pramuniaga tersebut tidak salah, yang datang memang benar-benar orang nomor satu produk yang dijual oleh tokonya tersebut.

Para pramuniaga dan pengunjung pun langsung memanfaatkan kesempatan itu untuk berfoto bersama.

Kunjungan Tim Cook ke China, memang bukan kali pertama dilakukannya. Namun, bertandang ke toko retail Apple setempat sangatlah istimewa karena ini belum pernah dilakukan oleh pendahulunya, Steve Jobs.

Tentu saja, tujuan Cook ke China bukan hanya mengunjungi Apple Store. Ada tujuan lain yang akan dilakukan Cook.

Ini adalah kunjungan pertama Cook sejak ia menjabat sebagai CEO pada Agustus 2011, menggantikan Steve Jobs. Cook pernah diutus Jobs ke China untuk mengatasi masalah dengan perusahaan pemanufaktur produk Apple, Foxconn.

Dan kali ini, nampaknya kedatangan Cook ke China juga masih berhubungan dengan Foxconn. Kemungkinan besar Cook ingin melihat sendiri masalah apa yang terjadi di Foxconn.

Perjalanan Cook ini hanya beberapa hari setelah Apple dikirimi data soal kondisi para pekerja produk Apple di Foxconn, yang cenderung tereksploitasi dalam hal waktu kerja dan upah. Data-data itu dikirimi oleh Asosiasi Serikat Pekerja setempat.

Kunjungan Cook ke China juga berbarengan dengan aksi mogok pekerja Foxconn di Tai Yuan, Provinsi Shanxi. Lagi-lagi, mereka menuntut agar perusahaan berlaku lebih adil untuk memberi upah kerja yang lebih tinggi.

Gara-gara aksi mogok itu, Foxconn berencana merekrut 20.000 pekerja untuk mengisi kekosongan. Namun, perekrutan pekerja sebesar itu juga bertujuan mempersiapkan sumber daya manusia agar siap memproduksi smartphone Apple yang baru, yakni iPhone 5.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com