Ini Dia, Orang Indonesia Pertama Pemegang "Triple CCIE"

Kompas.com - 28/03/2012, 09:54 WIB
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan teknologi Cisco memiliki beberapa tingkatan program sertifikasi jaringan komputer, salah satunya adalah Cisco Certified Internetwork Expert (CCIE) yang merupakan tingkatan tertinggi dan sangat ketat ujiannya.

Sertifikasi ini merupakan jaminan bagi seseorang yang memiliki keahlian khusus dalam bidang networking. Ada delapan sertifikat CCIE yang bisa dipilih oleh profesional TI sesuai kebutuhan pekerjaannya.

Satu "gelar" CCIE saja sudah sangat sulit diraih, tapi ternyata ada yang sudah punya tiga sertifikasi CCIE. Salah satunya, yang membanggakan, berasal dari Indonesia yaitu Himawan Nugroho.

Ketika mendapatkan CCIE ketiga pada tahun 2007, Himawan menjadi orang Indonesia pertama yang memiliki tiga sertifikat ini sekaligus. Hingga kini, hanya dua orang Indonesia dari 400-an orang yang memiliki triple CCIE di seluruh dunia.

Sertifikat pertama adalah CCIE Routing and Switching (diperoleh di Jepang, September 2001). Sertifikat kedua adalah CCIE Security (diperoleh di Belgia, Januari 2006). Sertifikat ketiga adalah CCIE Service Provider (diperoleh di Belgia, September 2007).

"Tesnya delapan jam di depan komputer, dalam sebuah laboratorium. Tes terbagi dalam beberapa sesi dan masing-masing sesi harus bisa dijawab minimal 80 persen," ungkap Himawan saat ditemui Kompas.com usai membagi pengalaman di kampus Bina Nusantara Syahdan Jakarta, Selasa (27/3/2012).

Ketatnya tes dan waktu yang terbatas, menjadi sebab mengapa hanya sedikit sekali yang bisa lulus dari tes untuk mendapatkan sertifikat CCIE. Dari pengalaman Himawan di Jepang, dari 7 orang yang ikut tes, hanya dirinya yang lulus dan mendapat sertifikat tersebut.

Untuk bisa mengikuti tes CCIE, profesional TI harus mengikuti tes computer base sehingga hasil tesnya bisa didaftarkan ke website Cisco untuk proses kualifikasi. Tes Computer Base bisa dilakukan dimana saja, namun tes CCIE harus dilakukan di negara penyelenggara.

Peserta yang memenuhi kualifikasi, akan mendapat kesempatan untuk mem-"booking" tes di negara-negara terdekat yang mengadakan tes CCIE. Peserta yang sudah terdaftar, harus datang ke negara penyelenggara untuk mengikuti tes selama 8 jam tersebut.

Pria yang lebih dari 10 tahun berkecimpung di dunia teknologi ini telah mengunjungi 30 negara sepanjang karirnya untuk mengerjakan beragam proyek.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X