Calon Karyawan yang Dicari Perusahaan TI

Kompas.com - 28/03/2012, 12:26 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Perusahaan teknologi yang memiliki nama besar di dunia seperti Apple, Google, Microsoft, dan Cisco, mungkin merupakan tempat kerja impian bagi orang yang memiliki "passion" di dunia teknologi.

Namun, tidak semua orang berani berkompetisi untuk memasuki perusahaan-perusahaan tersebut.

Himawan Nugroho, Technical Adviser Cisco System di Cisco EMEA (Europe, Midle East, and Africa), adalah contoh orang Indonesia yang berani berkompetisi dan berhasil.

Himawan yang kini menetap di Dubai, mengunjungi Indonesia untuk membagikan pengalamannya dan memotivasi mahasiswa dan profesional TI di Indonesia agar berani bersaing di pasar global.

Himawan dalam presentasi di Kampus Bina Nusantara Syahdan, Jakarta, Selasa (27/3/2012), berbagi hal-hal yang dicari oleh perusahaan besar TI dunia berdasarkan pengalamannya.

Apa saja yang dicari oleh "big company" tersebut?

1. Siapa yang dikenal di perusahaan?
Percaya atau tidak, berdasarkan pengalaman Himawan, perusahaan besar dunia sangat memperhatikan siapa yang Anda kenal di perusahaan tersebut.

Jika Anda menuliskan dalam surat lamaran bahwa Anda mengenal seseorang di perusahaan tersebut, maka kesempatan untuk dilihat akan semakin besar. Atau, jika ada orang internal merekomendasikan Anda, maka kesempatan akan lebih besar dibandingkan dengan mengajukan lamaran biasa.

2. Keahlian teknis
Bagaimanapun dekatnya Anda dengan internal perusahaan, namun, jika tidak memiliki keahlian teknis yang dibutuhkan, jangan harap Anda akan dilirik.

"Ijazah sama sekali tidak berpengaruh di perusahaan asing. Mereka juga belum tentu tahu nama kampus Anda. Maka, dibutuhkan tes keahlian untuk membuktikannya. Namun, dari pengalaman saya, setelah memiliki sertifikat CCIE, saya tidak pernah dites lagi soal keahlian teknis," ungkap Himawan saat memberi presentasi di depan mahasiswa Bina Nusantara Syahdan, Jakarta, Selasa (27/3/2012).

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X