Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaca Toko "Kinclong", Apple Digugat 1 Juta Dollar

Kompas.com - 30/03/2012, 08:50 WIB

KOMPAS.com - Toko retail Apple Store memang dirancang agar bisa dilihat oleh semua orang dari jalan dengan kaca transparan. Tapi ternyata desain toko tersebut justru membahayakan orang, khususnya orang tua.

Seorang warga dari Forest Hills, Queens New York City berusia 83 tahun menabrak kaca toko Apple Store yang "kinclong" tersebut. Nenek itu mengalami luka di bagian wajah dan tulang hidungnya patah.

Awalnya, dia memang bermaksud ingin mengembalikan iPhone yang telah dibeli di Apple Store Manhasset, New York. Mendekati toko, ia mungkin tidak sadar bahwa yang di depannya adalah kaca.

Tapi ternyata dia tersebut langsung menabrak kaca toko itu dan terluka.

Tidak puas atas kecelakaan tersebut, sang nenek menggugat Apple ke pengadilan federal di Distrik Timur AS. Tuduhannya, Apple Store dinilai tidak memberikan tanda peringatan di kaca toko sehingga menyebabkan luka pada seseorang. Apple digugat senilai 1 juta dollar AS.

Mantan Vice President Furniture Perusahaan Apple Evelyn Paswall mengklaim desain arsitektur Apple Store memang dibuat transparan. Tujuannya ingin memberikan desain toko yang minimalis, modern, high tech tapi tetap keren.

Desain toko tersebut juga mencirikan khas anak muda karena produk Apple memang kebanyakan dipakai oleh orang-orang muda.

Pengacara nenek 83 tahun tersebut, Derek T Smith menggugat Apple karena dinilai lalai dalam memberikan tanda keselamatan bagi seseorang di sebuah gedung.

Derek mengklaim bahwa kliennya melihat dengan baik bahwa tidak ada apapun yang menghalangi jalan masuk toko. Tapi ternyata di depannya adalah kaca transparan yang menyebabkan ia luka.

"Memang stereotipnya produk Apple banyak digunakan oleh remaja atau mahasiswa. Tapi mereka harus menyadari bahwa generasi tua adalah pelanggan Apple juga," kata Derek.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com