Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Apple Kunjungi Pabrik iPhone 5

Kompas.com - 30/03/2012, 14:43 WIB

KOMPAS.com - CEO Apple, Tim Cook mengunjungi pabrik terbaru Foxconn, yang rencananya akan digunakan untuk memproduksi iPhone 5 atau mungkin akan dinamakan "New iPhone".

Kunjungan Tim Cook ke pabrik ini merupakan kunjungan pertamanya ke China, sejak menjabat CEO - menggantikan Steve Jobs. Pabrik yang berlokasi di bagian utara provinsi Hebei, China ini rencananya akan mempekerjakan 120 ribu buruh.

Foxconn adalah bagian utama dari rantai pasokan global Apple, yang merakit iPhone dan iPad. Serangkaian kasus bunuh diri di Foxconn beberapa tahun terakhir dan laporan media yang menuliskan tentang kondisi para pekerja yang memprihatinkan, membuat CEO Apple turun tangan.

Tim Cook pernah mengirimkan email kepada para karyawan Apple dan menyatakan dirinya tak kan tinggal diam terhadap laporan tentang eksploitasi karyawan. Kunjungan Tim Cook ke China kali ini, membuktikan kata-kata tersebut.

Tim Cook menjabat sebagai CEO Apple Inc pada Agustus 2011, setelah CEO sebelumnya, Steve Jobs, meninggal dunia. Jadwalnya di China sangat padat dan dijaga ketat.

Selain mengunjungi pabrik Foxconn, Tim Cook juga bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Li Keqiang dan walikota Beijing, serta mengunjungi salah satu dari dua toko Apple di ibukota China.

Pada pertemuan dengan Tim Cook , media pemerintah China melaporkan bahwa Perdana Menteri berjanji untuk menjamin perlindungan terhadap kekayaan intelektual.

"Untuk menjadi lebih terbuka terhadap kondisi China demi transformasi pembangunan ekonomi, melakukan ekspansi permintaan domestik, dan melakukan inovasi teknologi," ujar Perdana Menteri Li Keqiang seperti dikutip kantor berita Xinhua.

China adalah pasar ponel terbesar di dunia dan pasar ponsel terbesar kedua, bagi Apple. Selain memproduksi iPhone di China, Apple juga melakukan kerja sama dengan perusahaan China Telecom dan China Unicom untuk menjual iPhone. Apple juga bekerja sama dengan operator terbesar China, yakni China Mobile. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com