Kompas.com - 30/03/2012, 14:43 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - CEO Apple, Tim Cook mengunjungi pabrik terbaru Foxconn, yang rencananya akan digunakan untuk memproduksi iPhone 5 atau mungkin akan dinamakan "New iPhone".

Kunjungan Tim Cook ke pabrik ini merupakan kunjungan pertamanya ke China, sejak menjabat CEO - menggantikan Steve Jobs. Pabrik yang berlokasi di bagian utara provinsi Hebei, China ini rencananya akan mempekerjakan 120 ribu buruh.

Foxconn adalah bagian utama dari rantai pasokan global Apple, yang merakit iPhone dan iPad. Serangkaian kasus bunuh diri di Foxconn beberapa tahun terakhir dan laporan media yang menuliskan tentang kondisi para pekerja yang memprihatinkan, membuat CEO Apple turun tangan.

Tim Cook pernah mengirimkan email kepada para karyawan Apple dan menyatakan dirinya tak kan tinggal diam terhadap laporan tentang eksploitasi karyawan. Kunjungan Tim Cook ke China kali ini, membuktikan kata-kata tersebut.

Tim Cook menjabat sebagai CEO Apple Inc pada Agustus 2011, setelah CEO sebelumnya, Steve Jobs, meninggal dunia. Jadwalnya di China sangat padat dan dijaga ketat.

Selain mengunjungi pabrik Foxconn, Tim Cook juga bertemu dengan Wakil Perdana Menteri Li Keqiang dan walikota Beijing, serta mengunjungi salah satu dari dua toko Apple di ibukota China.

Pada pertemuan dengan Tim Cook , media pemerintah China melaporkan bahwa Perdana Menteri berjanji untuk menjamin perlindungan terhadap kekayaan intelektual.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Untuk menjadi lebih terbuka terhadap kondisi China demi transformasi pembangunan ekonomi, melakukan ekspansi permintaan domestik, dan melakukan inovasi teknologi," ujar Perdana Menteri Li Keqiang seperti dikutip kantor berita Xinhua.

China adalah pasar ponel terbesar di dunia dan pasar ponsel terbesar kedua, bagi Apple. Selain memproduksi iPhone di China, Apple juga melakukan kerja sama dengan perusahaan China Telecom dan China Unicom untuk menjual iPhone. Apple juga bekerja sama dengan operator terbesar China, yakni China Mobile. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.