Buruh Perakit iPhone dan iPad Kerja 7 Hari Tanpa Libur

Kompas.com - 31/03/2012, 07:52 WIB
EditorReza Wahyudi

BBC IndonesiaBuruh pembuat iPhone dan iPad di Cina sering bekerja selama seminggu penuh tanpa libur.

KOMPAS.com - Sebuah penyelidikan independen menemukan adanya sejumlah ''isu signifikan'' di sebuah pabrik pembuat iPhone dan iPad di China.

Buruh pabrik Foxconn pembuat iPhone dan iPad di China sering bekerja selama seminggu penuh tanpa libur.

Penyelidikan dilakukan Asosiasi Tenaga Kerja AS, FLA setelah diminta Apple untuk memeriksa kondisi pekerja di Foxconn setelah sejumlah laporan mengemuka terkait pelanggaran jam kerja dan keamanan yang buruk.

Apple menyatakan ''sepenuhnya menerima'' rekomendasi laporan tersebut.

"Kami berbagi dengan tujuan FLA untuk meningkatkan standar hidup dan kualitas perusahaan dimanapun berada,'' demikian isi pernyataan Apple.

Temuan sejumlah pelanggaran ini mengemuka saat CEO Apple, Tim Cook mengunjungi fasilitas Foxconn.

Cook mendatangi fasilitas yang berada di Taman Teknologi Zhengzhou, tempat dimana 120.000 pekerja berada, Rabu lalu (28/3/2012).

Serangkaian aksi bunuh diri di Foxconn tahun lalu menjadi sorotan terkait dengan kondisi pekerja di pabrik tersebut.

Bulan lalu, Apple mengumumkan akan mengirimkan seorang pengawas independen dari FLA untuk mengaudit fasilitas di China tersebut.

Batasan hukum

Penyelidikan, yang menjadi salah satu yang terbesar yang dilakukan oleh perusahaan AS di luar negeri ini menemukan fakta bahwa para pekerja sering bekerja lebih dari 60 jam dalam sepekan dan kadang bekerja selama tujuh hari tanpa hari libur.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X