Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PR Game Developer Jadi PR

Kompas.com - 31/03/2012, 11:05 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com - Gairah game developer di Indonesia tampaknya sedang tinggi. Apalagi di 2012 ini, akan makin banyak event terkait game yang diadakan di Tanah Air.

Tengok saja pameran komputer Mega Bazaar akhir Februari lalu, salah satu event yang paralel dengan pameran itu adalah Indonesia Game Festival. Akhir Mei 2012, akan ada juga event untuk Game Developer yang diadakan di Universitas Multimedia Nusantara.

Belum lagi, event Indonesia Bermain yang rencananya akan kembali digelar menjelang akhir 2012. Ini pun masih belum menghitung banyak event lokal yang diadakan di berbagai kota seperti Depok, Bandung atau Yogyakarta.

Meski gairahnya makin tinggi, game developer di negeri ini juga masih banyak menemui kendala. Salah satunya adalah untuk menyebarluaskan info mengenai game mereka, misalnya melalui media massa.

Topik itu jadi salah satu yang diangkat dalam event Gedebuk Coy!, sebuah event dari Game Developer Buka-bukaan (Gedebuk.org) yang digelar di Hotel Cihampelas 2, Bandung, Jumat (30/3/2012).

Berikut adalah salah satu pokok yang bisa diangkat dari diskusi tersebut:

Game Developer menggandeng media massa

Salah satu kebutuhan game developer untuk menggandeng media massa adalah untuk mendapatkan peliputan atas produk yang telah mereka kembangkan. Hal ini agar lebih banyak masyarakat yang mengenal serta memainkan game tersebut.

Ini bukan semata-mata soal popularitas ataupun bisnis. Dengan makin banyaknya pemain, game developer juga berpotensi mendapatkan masukan dari masyarakat untuk pengembangan game tersebut di kemudian hari.

Meski demikian, bagi kebanyakan game developer di Indonesia berhubungan dengan media massa adalah hal yang sulit. Kebanyakan game developer terdiri atas tim teknis (programming, design, art, music dll.) yang tidak terbiasa melakukan hal itu.

Apakah kemudian perlu bagi game developer untuk menunjuk satu unit (atau setidaknya satu orang) untuk menjadi Public Relation (PR) Officer?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com