Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Android dan iPhone Dominasi Pasar Ponsel AS

Kompas.com - 03/04/2012, 09:31 WIB

KOMPAS.com - Pasar ponsel di Amerika Serikat didominasi oleh dua model smartphone, yaitu ponsel dengan sistem operasi Android dan iPhone. Keduanya menjadi smartphone idola di negaranya Barack Obama tersebut.

Berdasarkan riset terbaru Nielsen, dari keseluruhan pelanggan seluler di AS, sebanyak 49,7 persen adalah pengguna smartphone. Dari jumlah itu, smartphone yang paling banyak digunakan adalah perangkat Android dan Apple iPhone.

Sebanyak 48 persen pengguna smartphone adalah pengguna perangkat Android. Apple berada di bawahnya, yakni 32,1 persen. Sedangkan pengguna BlackBerry sebesar 11,6 persen dan sisanya merupakan pengguna smartphone yang lain.

Hasil riset terbaru Nielsen ini tak jauh berbeda dengan hasil riset yang dilakukan ComScore, yang dirilis pada 6 Maret 2012 lalu. Comscore melakukan riset selama 3 bulan, yang dimulai sejak Januari 2012.

Dari hasil penelitian Comscore, sebanyak 48,6 persen pengguna smartphone menggunakan perangkat Android, lalu Apple 29,5 persen, BlackBerry 15,2 persen, dan Windows Phone 4,4 persen.

Nielsen memprediksi, Apple akan mengalami lonjakan pengguna setelah iPhone 5 diluncurkan. Pasalnya, dari hasil riset, Nielsen pernah menemukan bahwa pengguna Apple meningkat 25,1 persen dalam waktu 3 bulan, setelah iPhone 4S diluncurkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com