Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hidayat NW: Tak Masuk Akal Banjir Tak Teratasi

Kompas.com - 03/04/2012, 20:30 WIB
Imanuel More

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Calon Gubernur DKI Jakarta dari PKS Hidayat Nur Wahid mengaku heran dengan terus berulangnya luapan banjir dari aliran sungai yang melintasi Kota Jakarta dan sekitarnya. Menurutnya, ketidakmampuan melakukan langkah pencegahan dan penanggulangan tidak bisa dijadikan alasan.

"Sangat tidak masuk akal kalau masalah banjir tidak bisa diselesaikan. Ini bisa diselesaikan," kata Hidayat Nur Wahid di lokasi banjir Kompleks 79, Kemang Selatan 4, Jakarta Selatan, Selasa (3/4/2012).

Menurut mantan Ketua MPR itu, banjir yang melanda Ibukota bukan hal baru, sudah terjadi berulang-ulang. Apalagi, sudah banyak kajian dan solusi yang disampaikan.

"Banjir kan sudah berulang-ulang. Masalah atau penyebabnya juga sudah terukur. Jadi, seharusnya sudah bisa diatasi," kata Hidayat.

Selama ini, yang lebih aktif dalam menyelesaikan banjir justru warga yang tinggal di lokasi yang kerap dilanda luberan air. Hidayat menuturkan, warga kerap berinisiatif untuk berkumpul dan bermusyawarah bersama Ketua RT atau RW untuk mengatasi banjir.

"Tapi, kita tahu solusinya bukan di Pak RT karena dia tidak punya kewenangan untuk tentukan kebijakan," lanjut Hidayat yang hanya mengenakan sandal Crocs berwarna hitam dan terpaksa menggulung celanannya.

Hidayat lantas menuturkan perlunya segera menormalisasi aliran sungai dan membebaskan bantaran sungai sebagai salah satu solusi. Ia juga menganjurkan pembangunan rumah susun untuk memindahkan warga yang tinggal di bantaran kali.

"Tapi itu perlu dilakukan setelah berdialog dengan warga. Tidak boleh dengan penggusuran karena penggusuran hanya menyebabkan masalah baru," papar suami dr Diana itu.

Pasangan Didik J Rachbini dalam Pemilukada DKI Jakarta ini juga melihat perlunya mengalihkan air Sungai Ciliwung dari Bendungan Katulampa. Ia mengusulkan, pengalihan melalui sodetan atau melalui pipa-pipa air berdiameter besar. Air sungai selanjutnya bisa dialihkan ke situ-situ terdekat, atau ke proyek Kanal banjir.

Rumah Hidayat di Kemang ikut terendam banjir Kali Krukut sejak pukul 02 dini hari tadi. Sebelumnya, Hidayat bersama tim sempat mengunjungi beberapa lokasi banjir di Pondok Labu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com