Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xbox 720 Akan Pakai 2 GPU dan Prosesor 6 Inti

Kompas.com - 04/04/2012, 08:55 WIB

KOMPAS.com - Perangkat konsol game generasi terbaru Microsoft, Xbox 720, yang diberi nama kode Durango, dikabarkan akan menggunakan prosesor enam inti (six core), dua kartu grafis (GPU), dan Bluray.

Seperti dilansir situs VG247 yang mendapat informasi dari sumber terpercaya, kinerja Xbox 720 akan seperti dua komputer yang saling "direkatkan", ini semua berkat dua GPU dan prosesor yang sangat kencang.

Spesifikasi pasti dari perangkal konsol ini memang belum dirilis Microsoft, namun kartu grafis yang digunakan dipercaya akan setara dengan chip AMD 7000. GPU Xbox 720 ini tidak akan menggunakan CrossFire atau SLI, tetapi akan bekerja secara mandiri untuk me-render grafik secara simultan.

Sedangkan untuk CPU-nya disebut akan memiliki antara empat dan enam core, yang salah satunya akan disediakan untuk sistem operasi dan satu lagi untuk sensor gerak Kinect.

Jika Xbox 720 tidak dibeli dengan bundling Kinect, tentu saja satu core tersebut dapat digunakan untuk proses lain. Namun, laporan ini menunjukkan bahwa Kinect akan menjadi sebuah standar baru dan akan dimasukkan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari Xbox 720.
 
Perangkat konsol game ini juga akan disertai dengan pemutar Blu-ray dan akan mengharuskan pengguna untuk memiliki koneksi internet tak terputus, yang dirancang untuk menghentikan pembajakan game.

Ini mendukung kabar sebelumnya bahwa Microsoft akan meninggalkan game fisik dan tidak akan mengizinkan pemain untuk menggunakan pre-owned game.
 
Xbox 720 diperkirakan baru akan diluncurkan pada akhir tahun 2013, setahun setelah Nintendo Wii U dirilis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com