Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Instagram untuk Android Lebih Baik dari iOS?

Kompas.com - 04/04/2012, 12:56 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

JAKARTA, KOMPAS.com - Instagram telah membawa angin baru di dunia fotografi, terlebih mereka yang menggunakan ponsel untuk mengekspresikan diri. Kini, Instagram tidak lagi hanya diperuntukan di perangkat iOS, sekarang pengguna Android juga bisa menikmati aplikasi editing dan sharing foto populer ini.

Instagram untuk Android resmi dirilis pada Selasa (3/4/2012), dan bisa diunduh gratis di Google Play. Di acara South by Southwest (SXSW) di Texas, AS, Maret 2012 lalu, pendiri Instagram menjanjikan aplikasi untuk Android akan lebih baik ketimbang iOS .

Nah, seberapa baik Instagram untuk Android? Simak perbandingannya dengan Instagram untuk iOS.

Baik Instagram untuk Android maupun iOS memiliki pilihan menu yang sama. Ada home, popular, kamera, news dan profil di bagian bawah layar.

Ketika memilih menu kamera, lalu mengambil gambar dan melakukan crop, muncullah filter dan tools untuk merekayasa foto. Filter-filter Instagram yang ada di Android meliputi normal, amaro, rise, hudson, sierra, x-pro, lo-fi, earlybird, sutro, toaster, brannan, inkwell, walden, hefe, valencia, nashville, 1977, dan kelvin.

Filter yang sama persis juga ada di Instagram untuk iOS versi terkini.

Sedangkan tools untuk editing foto di Instagram untuk Android, ada rotate, brightness dan frame. Sayangnya, di Instagram untuk Android versi perdana ini belum ada tools tilt-shift, yang memungkinkan pengguna memburamkan atau membuat fokus pada titik tertentu.

Untuk membagikan foto ke situs jejaring sosial, Instagram untuk Android bisa dibagikan ke Facebook, Twitter, Foursquare dan Tumblr. Sedangkan di iOS, foto Instagram bisa dibagikan ke jejaring sosial yang lebih banyak, yakni Facebook, Twitter, Foursquare, Tumblr, Flickr, Posterous dan email.

Nampaknya, Instagram masih mengistimewakan pengguna perangkat iOS, yakni iPhone, iPad dan iPod Touch. Pengguna Android masih harus bersabar menanti hadirnya tools unggulan tilt-shift di versi berikutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.