Koleksi Museum Gajah Hadir di Google Art Project

Kompas.com - 04/04/2012, 13:50 WIB
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - Google meluncurkan Google Art Project, sebuah situs yang menampilkan gambar digital dari koleksi-koleksi museum seluruh dunia.

Koleksi-koleksi yang ada di Museum Nasional Indonesia, yang dikenal dengan nama Museum Gajah, pun mendapat kehormatan masuk dalam situs ini.

Country Head Google Indonesia, Rudy Ramawi menjelaskan Google Art Project ini diharapkan bisa menjembatani penggemar seni dalam mencari informasi sebelum mendatangi museum.

"Dengan hanya sekali klik, kita bisa melihat koleksi yang ada di museum dunia. Dengan proyek ini, kita juga bisa menaikkan derajat museum yang ada," kata Rudy selepas Peluncuran Google Art Project di Museum Nasional Jakarta, Rabu (4/4/2012).

Google Art Project ini melibatkan 151 museum dari 40 negara di dunia. Hingga saat ini sudah ada 30.000 karya seni yang dapat dilihat secara online di Google Art Project.

Khusus Indonesia, Google Art Project menggandeng kerjasama dengan Museum Nasional Indonesia. Museum ini menyertakan sekitar 100 koleksi karya seni berupa koleksi batik tradisional dan benda peninggalan sejarah kerajaan tertua di Indonesia seperti Kerajaan Kutai yang terdapat di Kalimantan Timur.

"Seluruh koleksi diseleksi dari mitra kerja (pihak museum), pihak Google yang mengunggahnya," tambahnya.

Direktur Museum Nasional Indonesia, Gatot Ghautama menjelaskan pihak museum tidak hanya memberikan foto koleksi peninggalan sejarah, tapi juga beserta informasinya.

"Foto yang diminta harus beresolusi tinggi. Selain itu, informasi tentang koleksi tersebut harus lengkap. Ini yang menjadi kendala terberat," jelas Gatot.

Dengan digitalisasi museum tersebut, Gatot menjelaskan bahwa pihak museum tidak perlu susah-susah untuk melakukan promosi kebudayaan kepada seluruh masyarakat Indonesia dan terutama ke masyarakat seluruh dunia.

Halaman:


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X