Instagram

Android Bersorak, iOS Mencibir

Kompas.com - 04/04/2012, 13:53 WIB
EditorRobert Adhi Ksp

KOMPAS.com - Muncul reaksi yang kontradiktif pada saat Instagram resmi tersedia di Google Play Store. Satu hal yang pasti, aplikasi yang semula tersedia secara eksklusif untuk platform iOS sejak Oktober 2010 kini bisa dinikmati pemilik ponsel dengan platform Android.

Setelah penantian selama 1,5 tahun lebih, akhirnya pengguna Android bisa menjajal aplikasi fotografi yang digemari oleh pengguna iPhone, iPad, maupun iPod Touch karena fitur filter yang memberikan efek yang berbeda ketimbang mengambil gambar biasa.

Aplikasi yang memiliki fitur sejenis di Android sebetulnya tersedia banyak seperti Lightbox atau Pixlr-o-Matic, tapi Instagram memiliki pesona sendiri. Salah satunya fitur "tilt-shift" hingga integrasi di media sosial yang lebih unggul dengan penggunaan tagar (hastag).

Apakah pengguna Android bergembira? Sudah pasti. Semuanya bergembira? Tidak. Ternyata, pada saat yang berbarengan dengan peluncuran Instagram di Play Store Selasa (3/4/2012) malam, muncul pula cibiran dari pengguna Instagram lama. Tidak lain dan tidak bukan adalah pengguna iPhone.

Tengok saja di linimasa Twitter dengan kata kunci Instagram, bila tidak berisi pengguna Android yang bergembira karena bisa menjajal aplikasi tersebut, yang lain justru cibiran kepada mereka maupun Instagram.

Salah satu cibiran adalah Instagram dalam satu hari berubah dari komunitas yang eksklusif menjadi "Section 8."

Istilah Section 8 sebetulnya sebuah sindiran kepada pengguna Android. Istilah ini merujuk pada program dari Pemerintah Amerika Serikat terkait bantuan perumahan untuk rakyat miskin hingga nantinya cukup mandiri untuk membeli rumah sendiri. Perumahan subsidi itu umumnya terletak di daerah kumuh perkotaan.

Bukan rahasia lagi bahwa ada gejala fanboy atau fanatisme dalam dunia gadget dan hal tersebut juga menimpa sebagian pengguna iPhone sewaktu mengetahui bahwa Instagram tidak lagi eksklusif untuk platform mereka.

Gejala ini umum terjadi di segala hal, mulai sepeda motor matic atau transmisi, sampai platform.

Yang harus dilakukan sekarang adalah hanya bisa memakluminya saja. 

Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X