Facebook Beli Instagram 1 Miliar Dollar AS

Kompas.com - 10/04/2012, 02:31 WIB
EditorTri Wahono

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com — Facebook baru saja mengumumkan akuisisi terhadap Instagram senilai 1 miliar dollar AS (lebih dari Rp 9 triliun) dalam bentuk tunai dan saham.

"Ini merupakan perjalanan penting bagi Facebook karena untuk pertama kalinya kami mengambil alih produk dan perusahaan dengan pengguna yang begitu banyak," kata pendiri dan CEO Facebook Mark Zuckerberg dalam pernyataan resminya, Senin (9/4/2012).

Instagram yang menyediakan aplikasi untuk mengedit foto dengan beragam pilihan filter dan efek kemudian hasilnya dibagikan dalam jejaring sosial sangat populer di kalangan pengguna smartphone saat ini.

Sejak dirilis Januari 2011, Instagram yang awalnya hanya tersedia untuk platform iOS, iPhone, telah berhasil menarik minat sekitar 50 juta pengguna.

Jumlah pengguna terus berlipat sejak Instagram juga tersedia untuk platform Android minggu lalu dengan pertambahan pengguna mencapai 1 juta pengguna setiap 24 jam.

Meski telah dikuasai penuh, Mark tidak berencana langsung menggabungkan Instagram secara khusus  ke Facebook. Pengembangan Instagram tetap akan dilakukan secara independen.

"Kami sepenuhnya sadar untuk menjaga dan membangun kekuatan dan fitur Instagram daripada sekadar mencoba mengintegrasikan segalanya ke Facebook," ujar Mark.

Mark menekankan bahwa Facebook dan Instagram sama-sama menyediakan pengalaman terbaik untuk berbagi foto sehingga keduanya bisa saling melengkapi.

Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X