Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL Sediakan Internet WiFi Gratis di 500 Sekolah

Kompas.com - 10/04/2012, 11:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - XL Axiata memperkenalkan layanan XL Edusolutions untuk pasar anak muda. Layanan ini berupa penyediaan kartu multifungsi dan Internet WiFi gratis hingga 500 sekolah dan kampus.

XL Edusolutions merupakan solusi teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berupa XL Sifoster dan akses WiFi gratis di sekolah dan kampus yang telah menjadi mitra XL serta telah bergabung dalam program XL School dan Campus Community.

XL Sifoster adalah singkatan dari Sistem Informasi Sekolah Terpadu. Sistem ini merupakan layanan digital terintegrasi melalui platform internet dan SMS.

Vice President Enterprise and Community XL Axiata Titus Dondi menjelaskan program ini merupakan bagian dari visi perusahaan dalam mengelola komunitas pelajar dan anak muda.

"Selain bermanfaat untuk retensi pelanggan, program ini dapat menjadi sarana bagi XL untuk berpartisipasi dalam pengembangan dunia pendidikan di Indonesia," kata Titus selepas konferensi pers di Gedung Menara Prima Jakarta, Senin (9/4/2012).

Dengan layanan itu, informasi dari sekolah dan kampus bisa terdistribusi secara cepat kepada pelajar atau mahasiswa serta orang tua. Layanan itu berupa kartu multifungsi (3 in 1 card) yang berfungsi sebagai kartu absensi, kartu ATM dan kartu pelajar.

"Dengan cara ini sekolah akan memasuki era tanpa kertas (paperless). Selain itu, segala informasi apapun tentang sekolah bisa terdistribusi secara cepat," katanya.

Untuk kartu ATM, XL menggandeng Bank Syariah Mandiri dan Bank Permata Syariah untuk layanan perbankannya. Sementara, pihak XL akan memberikan semua jaringan hingga aplikasi program tersebut.

Hingga saat ini layanan XL Sifoster baru bisa dipakai di 1.000 sekolah dan kampus di Pulau Jawa, Sumatra dan Nusa Tenggara. Ke depannya, XL akan menyebarkan layanan tersebut ke pulau Kalimantan dan Sulawesi.

"Kami menargetkan bisa tersebar ke 2.500 sekolah dan kampus seluruh Indonesia," jelasnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com