Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube "Sulap" Video HD 1080p Jadi Format 3D

Kompas.com - 10/04/2012, 13:39 WIB

KOMPAS.com - Teknologi tiga dimensi (3D) khususnya di dunia film meningkat signifikan. YouTube sebagai situs hosting dan video streaming juga tidak mau kalah ingin menawarkan fitur video 3D.

Seperti dikutip dari Slash Gear, YouTube telah meluncurkan fitur baru yang secara otomatis mengkonversi semua video dari format High Definition (1080 piksel) ke format 3D. Fitur itu dirilis pada 5 April lalu.

Dengan fitur ini, pengguna yang meng-upload video berkualitas HD 1080p ke YouTube akan mendapatkan videonya secara otomatis terkonversi menjadi format 3D.

Pada dasarnya, aktivasi fitur video 3D ini sama dengan ketika pengguna mengubah pengaturan kualitas video, dari semula High Definition(HD) ke 3D, hanya saja proses konversi dilakukan oleh YouTube.

Untuk bisa menonton video format 3D, pengguna juga memerlukan kacamata khusus 3D. Sehingga efek 3D dari video saat ditayangkan bisa lebih terasa, sama seperti menonton film di bioskop.

Namun, video yang bisa dikonversi ini hanya untuk video dengan durasi pendek. Google tidak menjelaskan durasi video yang dimaksud.

YouTube melakukan uji coba fitur 3D versi beta pertama kali pada September 2011. Namun Google baru merilis fitur ini pada 5 April lalu.

Konversi video ke 3D ini memiliki teknik:
- Menggunakan kombinasi karakteristik video, seperti warna, ruang dan dan gerak peta untuk memperkirakan kedalaman setiap frame urutan video monoscopic
- Menggunakan mesin untuk mempelajari peningkatan jumlah video di YouTube dan mempelajari karakteristik 3D video dan kemudian dikonversi
- Menggunakan hasil peta kedalaman dan frame monoscopic asli untuk membuat efek 3D stereo di kanan dan kiri gambar

Update terbaru dari YouTube ini memang hadir pada saat yang tepat. Sekadar catatan, era kemunculan teknologi televisi 3D cukup besar akhir-akhir ini, khususnya saat film Avatar besutan James Cameron dirilis. Yang terakhir, sutradara kawakan itu juga telah merilis ulang film Titanic dalam versi 3D.

Lantas, booming 3D ini juga diikuti oleh beberapa rumah produksi yang mengusung film berformat 3D. Produsen televisi juga mulai memproduksi televisi 3D, kamera 3D, ponsel 3D dan semua perangkat yang mengusung teknologi 3D.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com