Jack Tramiel, Pionir Commodore 64 Tutup Usia

Kompas.com - 10/04/2012, 17:52 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Jack Tramiel, pelopor industri komputer yang mendirikan Commodore 64, meninggal dunia pada usia 83 tahun. Berita kematian Tramiel dikonfirmasi oleh puteranya,  Leonard Tramiel pada Senin (9/4/2012).

Tramiel adalah pendiri Commodore Internasional Limited sejak tahun 1982. Produk paling terkenal adalah Commodore 64, yakni komputer desktop yang dapat menjalankan game dan sangat laris di pasaran. Komputer ini terjual 17 juta unit antara tahun 1982 hingga 1994.

Commodore_64_Box

Jack Tramiel dilahirkan pada tahun 1928 di Lodz, Polandia dari keluarga Yahudi. Ia selamat dari kamp konsentrasi Auschwitz, lalu berimigrasi ke AS tahun 1947.

Tramiel kemudian terjun ke industri komputer. Commodore Business Machines (CMB) yang didirikannya tumbuh dari sebuah perusahaan manufaktur mesin ketik, memproduksi kalkulator, hingga akhirnya memproduksi komputer.

Perkenalan pertama Tramiel dengan mesin ketik saat ia bergabung dengan Angkatan Darat AS tahun 1948 dan ditugaskan untuk memperbaiki mesin ketik kantor-kantor di wilayah New York.

Ia kemudian pindah ke Toronto tahun 1955 dan mendirikan Commodore Business Machines Internasional setelah menyadari bahwa hukum Kanada akan mendukungnya untuk bisa mengimpor alat manufaktur dan mesin untuk pabriknya.

Tahun 1960 ia bergerak ke Silicon Valley, dimana Commodore mulai memproduksi kalkulator elektronik. Namun, Texas Instruments yang memasok chip semikonduktor untuk kalkulatornya, memproduksi kalkulator sendiri dan justru menjadi kompetitor Commodore.

Tahun 1968 ia resmi pindah ke Silicon Valley untuk memulai memproduksi kalkulator elektronik. Tahun 1976 ia mengakuisisi perusahaaan manufaktur untuk memproduksi chip kalkulator, yakni MOS Technology.

Tahun 1977, komputer pertama Commodore memasuki pasar. Sejak tahun 1982, CMB berubah nama menjadi Commodore International Limited sejak menjadi perusahaan yang terbuka untuk publik.

Tahun 1984, Tramiel dikeluarkan dari perusahaannya karena bersilang pendapat dengan stakeholder. Tramiel kemudian membeli Atari Corp dari Warner Communications.

Tahun 1996, Tramiel menjual Atari Corp ke JTS, perusahaan manufaktur disk-drive. Ia pun memutuskan pindah ke Monte Sereno, California, dan menghabiskan masa tuanya bersama istri dan anaknya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.