Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Bikin "Startup"? Ini Kuncinya!

Kompas.com - 11/04/2012, 10:51 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan rintisan berbasis Internet atau biasa disebut startup semakin menjamur di Indonesia. Untuk membuat startup agar sukses, perlu cara-cara jitu yang harus dilakukan oleh pemilik startup tersebut.

CEO Brainmatics Romi Satria Wahono menjelaskan startup lokal di Indonesia kini sudah mulai dilirik oleh investor asing. Hal itu seiring dengan keinginan vendor atau perusahaan asing yang ingin mencari aplikasi atau konten berbasis lokal.

"Untuk bisa dilirik oleh investor, perlu tips-tips membangun startup yang bagus, sehingga bisa bersaing dengan startup d ari luar negeri," kata Romi selepas acara pembukaan INAICTA 2012 di Gedung Kominfo Jakarta, Selasa (10/4/2012).

Berikut adalah tips-tips membangun startup seperti yang diungkapkan oleh Romi:
1. Produk berbasis komunitas
Buatlah startup berbasis komunitas yang memungkinkan pengunjung bisa berkontribusi di startup tersebut. Intinya pengunjung bisa berkomentar (terlibat) dalam setiap aktivitas yang dibagi di startup

2. Produk gampang diakses
Buatlah platform yang memungkinkan startup bisa diakses melalui desktop, perangkat mobile, tablet dan sebagainya.

3. Bangunlah kultur
Contoh startup yang berhasil membangun kultur adalah Kaskus. Di situs tersebut, pengguna Kaskus akan menyebarkan kultur 'Pertamax' (untuk yang menulis pertama kali), 'cendol' (menyundul tulisan), 'agan-aganwati' (sebutan atau panggilan untuk pengguna Kaskus) dan istilah lainnya.

4. Bangun feodalisme
Agar startup dikunjungi oleh banyak orang, maka perlu keterlibatan pemilik (founder) di dalam startup tersebut, namun jangan terlalu mendominasi. Hal ini beda dengan kultur di luar negeri yang justru tidak ada keterlibatan pemilik di startup-nya.

Sementara kendala akses dana, sumber daya manusia (SDM) dan lain-lainnya akan menjadi urusan teknis selanjutnya. Romi mengaku empat hal tersebut harus menjadi pedoman utama dalam membangun startup.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com