Gempa Simeulue

Trafik Tinggi, Pelanggan Seluler Sulit Menerima Panggilan

Kompas.com - 11/04/2012, 17:33 WIB
EditorReza Wahyudi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kabupaten Simeulue baru saja terkena gempa 8,5 SR. Imbasnya, pengguna seluler sejumlah operator di area tersebut kesulitan baik melakukan panggilan telepon maupun menerima panggilan telepon.

External Affairs XL Area Sumatra Firman Adi Juwono menjelaskan kondisi jaringan telekomunikasi XL di Aceh dan Sumatra pada umumnya masih normal.

"Namun karena pelanggan sama-sama melakukan panggilan, traffic komunikasi menjadi tinggi dan menjadi sulit dihubungi," kata Firman ketika dikonfirmasi media di Yogyakarta, Rabu (11/4/2012).

Khusus di pusat gempa (kabupaten Simeulue), XL memiliki 2 BTS. Hingga saat ini kondisi BTS tersebut masih normal dan beroperasi seperti biasa.

Kondisi serupa juga terjadi di jaringan yang ada di Aceh, Meulaboh, Padang, Meda dan Pekanbaru. Semua BTS dalam kondisi normal namun hanya terjadi lonjakan panggilan.

"Panggilan memang susah, tapi BlackBerry Messenger terkirim (delivered) namun belum terbaca (read)," jelasnya.

Agar panggilan bisa tersambung, pelanggan diminta untuk bersabar dalam melakukan panggilan, baik sesama saudara atau kerabat di lokasi gempa.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.