Gmail dan Hotmail Diblokir, Pengguna Wajib Pakai Iran Mail

Kompas.com - 12/04/2012, 06:22 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com — Jutaan pengguna internet di Iran akan terputus dari akses situs web, jejaring sosial, dan e-mail.

Kebijakan ini merupakan langkah yang diambil pemerintah, dan targetnya bakal direalisasikan mulai Agustus 2012.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pekan lalu oleh Menteri Negara Informasi dan Komunikasi Iran Reza Taghipour, pihaknya akan membangun intranet nasional dalam lima bulan ke depan sebagai upaya menciptakan "internet bersih".

Ya, nantinya masyarakat Iran hanya bisa mengakses situs lokal.

"Semua internet service provider (ISP) hanya diberi izin menawarkan Nasional Internet pada bulan Agustus," kata Taghipour seperti dikutip dari CNet, Selasa (10/4/2012).

Pemerintah Iran akan memblokir layanan dan situs, seperti Google, Hotmail, dan Yahoo. Situs e-mail dan mesin pencari populer itu akan diganti dengan situs buatan Iran sendiri, seperti Iran Mail dan Iran Search Engine.

Saat ini, pemerintah telah membuka membuka proses registrasi bagi masyarakat yang tertarik menggunakan Iran Mail.

Masyarakat Iran sudah terbiasa dengan sensor. Negara yang dipimpin Mahmoud Ahmadinejad ini beberapa kali memutus akses internet pada awal tahun 2012. Terakhir, mereka memblokir akses ke semua situs web luar negeri yang beroperasi pada protokol Secure Socket Layer.

Banyak warga Iran yang memutar otak agar mereka bisa mengakses situs berita asing atau jejaring sosial macam Facebook dan Twitter.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.