Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 6,5 Magnitude Guncang Meksiko

Kompas.com - 12/04/2012, 08:33 WIB
R. Adhi Kusumaputra

Penulis

MEXICO CITY, KOMPAS.com - Gempa berkekuatan 7,0 magnitude (kemudian diturunkan menjadi 6,5 magnitude) mengguncang Meksiko barat hari Rabu (11/4/2012) waktu setempat atau Kamis (12/4/2012) pukul 05.55 pagi WIB.

Pada awalnya gempa disebutkan US Geological Survey  berkekuatan 7,0 magnitude, namun kemudian diturunkan menjadi 6,5 magnitude. Pusat gempa berada di Michoacan, 384 km dari baratdaya Mexico City dan 143 km barat laut resort Zihuantanejo di Pasifik, 129 km barat daya Uruapan, Michoacan, dan 69 km barat laut Lazaro Cardenas, Michoacan.

Menurut informasi USGS, lokasi gempa persisnya di 18,272 Lintang Utara dan 102,732 Bujur Barat, dengan kedalaman 20 km. 

Gempa itu menyebabkan gedung-gedung tinggi di Mexico City terguncang. Ratusan orang dievakuasi. Namun pemerintah setempat mengatakan sejauh ini tidak ada tanda-tanda kerusakan.
 
Manuel Ortiz Rosete, pejabat negara bagian Michoacan, tempat pusat gempa, mengatakan, tidak ada laporan kerusakan.

Gempa ini merupakan rangkaian gempa yang menguncang Mexico City sejak gempa berkekuatan 7,4 magnitude mengguncang Mexico selatan 3 minggu lalu.   
 
Sementara itu, di Washington, gempa berkekuatan 6,2 magnitude menggucang pantai Oregon hari Rabu, disusul gempa kecil berkekuatan 5,3 magnitude satu menit kemudian di pantai California, demikian USGS menambahkan.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan gempa-gempa itu tidak menimbulkan tsunami.  Belum ada laporan kerusakan material ataupun korban jiwa. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com