Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengelolaan SDM Jadi Mudah Berkat "Cloud"

Kompas.com - 12/04/2012, 16:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - SAP dan Success Factors meluncurkan produk terbaru untuk solusi Human Capital Management (HCM). Solusi tersebut akan diletakkan di cloud sehingga memudahkan pengguna dalam mengakses modul yang ditawarkan.

Solusi HCM adalah solusi integrasi yang akan membantu pemilik bisnis dalam mengelola sumber daya manusianya. Sehingga sumber daya tersebut bisa diajak untuk mencapai kinerja terbaik sesuai dengan visi perusahaan.

Solusi yang ditawarkan berupa SuccessFactors Employee Central (untuk pengelolaan sistem karyawan), SuccessFactors Performance Management, SuccessFactors Learning Management, SuccessFactors Compensation Management, SuccessFactors Recruiting, dan SuccessFactors Learning Management.

Intinya, aplikasi tersebut bisa berupa sistem penggajian (pay roll), rekrutmen, sistem cuti hingga urusan pelatihan (training). Solusinya tersebut memakai aplikasi SuccessFactors Business Execution (BizX) Suite yang dibuat oleh SAP dan SuccessFactors.

Vice President of Sales, Human Capital Management Solutions SAP Raj Sundarason menjelaskan aplikasi ini sudah diletakkan di cloud. Sehingga akan memudahkan perusahaan yang memiliki banyak cabang untuk mengakses dan menerapkannya.

"Contohnya kami memiliki modul aplikasi training. Bila perusahaan ingin melakukan training di Jakarta untuk semua cabang perusahaannya, itu tidak perlu. Modul bisa diunduh dari cloud dan training bisa dilakukan di tempat masing-masing," kata Raj selepas konferensi pers di Hotel Grand Hyatt Jakarta, Kamis (12/4/2012).

Dengan semua modul aplikasi diletakkan di cloud, tentu saja akan menghemat biaya untuk operasional perusahaan. Bila tidak menginginkan aplikasi di cloud, perusahaan bisa melakukan instalasi aplikasi secara tradisional (install biasa) per perusahaan, on demand (langganan aplikasi per bulan) atau hybrid (gabungan antara tradisional dan on demand).

Solusi aplikasi BizX Suite ini cocok digunakan untuk perusahaan dengan karyawan minimal 10 orang bahkan hingga di atas 2 juta orang karyawan. Sampai saat ini, pelanggan yang memakai solusi aplikasi BizX Suite tersebut sudah mencapai 60.000 pelanggan di Asia Pasifik.

"Di Indonesia baru 700 pelanggan, termasuk bank-bank besar, perusahaan rokok hingga perusahaan minuman terkemuka di Indonesia," jelasnya.

Founders dan CEO SuccessFactors Lars Dalgaard menjelaskan solusi yang ditawarkan merupakan solusi paling lengkap dibandingkan kompetitor. Saat ini kurang lebih 14 persen pelanggan SuccessFactors telah memakai solusi BizX Suite tersebut.

SuccessFactors sendiri merupakan perusahaan yang telah diakuisisi SAP Desember 2011 lalu. SuccessFactors merupakan pemimpin penyedia piranti lunak Business Execution berbasis cloud di lebih dari 60 industri.

Saat ini total pelanggan SuccessFactors mencapai 3.500 pelanggan di lebih dari 168 negara di dunia dengan menggunakan paket aplikasi dalam 35 bahasa.

"Solusi ini juga bisa mengurangi turn over karyawan 15,2 persen dan minimal akan menambah 1 persen dalam pendapatan perusahaan," jelas Dalgaard.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com