Game Paling Dinanti 2012 Didominasi "Franchise" Mapan

Kompas.com - 13/04/2012, 09:23 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Dari berbagai judul video game yang bakal rilis sepanjang tahun 2012, rupanya game yang paling dinanti masih didominasi IP yang sudah mapan. Artinya, masyarakat masih menanti seri terbaru dari franchise yang sudah akrab dimainkan sebelumnya.

Kesimpulan tersebut diutarakan oleh Nielsen Game Rank, sebuah analisis yang dilakukan lembaga survei Nielsen pada triwulan pertama 2012.

Mereka menakar kadar antusiasme responden atas sebuah judul yang bakal diluncurkan pada tahun 2012 dan membuat peringkat. Ada tiga jenis platform konsol yang mereka survei yakni Nintendo Wii, Sony Playstation 3, dan Microsoft Xbox 360.

Dari hasil tersebut, terlihat bahwa franchise lawas masih berjaya dan menempati tiga besar.

Sebut saja game FPS, Halo 4, menempati peringkat pertama game yang paling dinanti untuk Xbox 360, diikuti Assassin's Creed III, dan Max Payne 3.

Sementara untuk konsol PS3, Assassin's Creed III adalah judul paling dinanti, diikuti Max Payne 3 dan Madden NFL 13, game olahraga.

Untuk Nintendo Wii hasilnya sedikit berbeda yakni Madden NFL 13, game petualangan Epic Mickey 2: The Power of Two, dan game aksi, Battleship.

Nielsen menjelaskan bahwa beberapa judul yang sama menempati peringkat yang berbeda karena tingkat kompetisi yang berbeda. Hal ini menunjukkan karakteristik pemain sebuah konsol bisa berbeda dengan konsol lainnya.

Peringkat ini dibuat dengan menggunakan delapan indikator konsumen seperti awareness, dan keinginan untuk membeli, kemudian dibuat nilai rata-rata.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.