Setelah Instagram, Facebook Akuisisi Tagtile

Kompas.com - 16/04/2012, 07:12 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Facebook baru saja mengakuisisi situs aplikasi edit foto, Instagram. Kini, Facebook dikabarkan telah mengakuisisi sebuah perusahaan rintisan berbasis internet (startup) lainnya, yang fokus pada perangkat mobile.

Seperti dirilis dari Venture Beat, situs jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg ini telah membeli startup dari San Fransisco, Tagtile pada Jumat (13/4/2012).

Tagtile adalah perusahaan startup yang fokus pada pemberian hadiah kepada pelanggan (customer rewards) dan pemasaran mobile (mobile marketing).

Situs Tagtile akan menghubungkan pelanggan terhadap toko-toko tertentu. Di sini, pengguna (iOS dan Android) harus mengunduh aplikasi Tagtile pada perangkat mobile masing-masing.

Nantinya, pengguna dapat memanfaatkan ponsel mereka untuk mendapatkan diskon, poin atau hadiah tertentu dari masing-masing toko yang ditawarkan oleh Tagtile.

Metode seperti ini juga dapat membantu toko untuk memasarkan produk kepada pelanggan, mengetahui apakah cara pemasarannya sudah efektif sekaligus berapa banyak pelanggan yang menggunakan layanan yang ditawarkan.

"Kami tidak menyangka bahwa Tagtile bisa menjadi bagian dari Facebook dan bisa memperluas produk di Facebook. Ini akan jauh lebih besar daripada kami melakukannya sendiri," kata rilis resmi Facebook.

Facebook tidak menjelaskan nilai akuisisi situs Tagtile tersebut. Begitu juga soal rencana mengintegrasikan platform Tagtile ke situs jejaring sosial Facebook.

Keputusan Facebook untuk mengakuisisi Instagram dan Tagtile, yang keduanya hebat di fitur-fitur mobile, menunjukkan betapa pentingnya ranah mobile bagi jejaring sosial terbesar tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.