Kembangkan "E-Commerce", Telkom Rangkul Ebay

Kompas.com - 16/04/2012, 16:18 WIB
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Telekomunikasi Indonesia dan Ebay sepakat melakukan kemitraan strategis untuk meningkatkan bisnis e-commerce di Indonesia melalui situs Plasa.com.

Kesepakatan tersebut diumumkan pada hari ini, Senin (16/4/2014).

Kemitraan ditandai dengan kesepakatan mendirikan perusahaan patungan bernama PT Metra Plasa antara anak perusahaan Telkom, PT Multimedia Nusantara (Metra), dan Ebay.

Kemitraan di antara dua perusahaan tersebut diyakini dapat menyatukan kekuatan, yang seperti diketahui Telkom dikenal sebagai perusahaan telecommunication, information, media, and edutainment (TIME), sementara Ebay merupakan perusahaan online marketplace terbesar di dunia.

Direktur Utama PT Telkom Rinaldi Firmansyah mengatakan, "Telkom sangat antusias bekerja sama dengan Ebay untuk bersama-sama memberikan layanan e-commerce terbaik melalui kemudahan akses transaksi online atas produk-produk lokal yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia".

Rinaldi menambahkan bahwa kemitraan dengan Ebay dimaksudkan juga untuk membantu sektor usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia untuk memasarkan produknya di pasar global, dan memungkinkan konsumen lokal menikmati pilihan produk yang lebih bervariasi.

Jay Lee, Senior Vice President Ebay Asia Pasifik, mengatakan, "Kami sangat senang bisa bekerja sama dengan Telkom dan berharap meningkatkan pengalaman belanja online di Indonesia, khususnya bagi mereka yang ingin melakukan transaksi jual-beli produk lokal ke seluruh dunia, di mana pun dan kapan pun mereka inginkan."

Kedua perusahaan meyakini pertumbuhan pengguna internet yang sangat tinggi di Indonesia. Mengacu pada riset MarkPlus Insight, pada akhir 2011, angka pertumbuhan pengguna internet mencapai lebih dari 32 persen per tahun.

Saat ini diperkirakan terdapat tidak kurang dari 55 juta pengguna internet yang mengakses, baik melalui jaringan 3G maupun fixed broadband.

Besarnya jumlah pengguna tersebut, ditambah semakin membaiknya perekonomian Indonesia, akan menjadi pasar yang sangat potensial bagi pengembangan e-commerce di Indonesia.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.