Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Bakal Adopsi Kinect di Windows Phone 8

Kompas.com - 17/04/2012, 10:07 WIB

KOMPAS.com - Kinect, kontroler berbasis gerak dan suara dari Microsoft, yang selama ini hanya ada untuk konsol game Xbox 360 dan PC Windows, dikabarkan akan diadopsi pada perangkat berbasis Windows Phone 8 (Apollo).

Perusahaan software raksasa ini sedang bekerja mengintegrasikan Natural User Interface (NUI) Kinect ke platform Windows Phone 8. Kabarnya, Kinect  akan tersedia pada Windows Phone 8 update pertama atau kedua.

Jika kelak teknologi Kinect hadir di Windows Phone, maka pengguna bisa mengoperasikan smartphone dengan suara dan gerakan tangan.

Hal ini akan selangkah lebih baik dari iPhone, karena Apple baru memiliki Siri yang digunakan untuk perintah suara. Apple belum memiliki fitur macam Kinect di iPhone yang bisa menangkap gerakan.

Namun, Microsoft disinyalir akan menemui kesulitan karena smartphone memiliki keterbatasan ruang untuk menempatkan kamera Kinect. Karena pada Xbox, Kinect menggunakan 3 sensor kamera yang menghabiskan banyak ruang.

"Kinect memiliki 3 kamera, salah satunya inframerah (IR) untuk menangkap gerakan pada posisi gelap. Agak sulit menempatkan kamera IR pada smartphone. Dan tanpa itu, NUI tidak akan bekerja dalam gelap," ujar seorang sumber kepada situs teknologi VR-Zone.

Menurut sumber tersebut, kemungkinan Microsoft tidak akan menggunakan kamera IR pada Kinect untuk Windows Phone sehingga fitur tersebut hanya bisa bekerja pada kondisi terang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com