Kompas.com - 17/04/2012, 14:00 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Sistem operasi terbaru dari Microsoft, Windows 8, memang masih berupa janji yang kelak akan diluncurkan pada akhir tahun. Namun perusahaan software raksasa ini pun telah memberi nama resmi untuk setiap versi Windows 8.

Ada tiga versi utama pada Windows 8 sebagaimana dikutip dari blog resmi tim Windows. Pertama, versi Windows 8 (polos). Diperuntukkan kepada pengguna PC dengan penggunaan yang biasa-biasa saja.

Versi kedua adalah Windows 8 Pro. Versi ini mengincar segmen para pebisnis, pengembang aplikasi dan penggemar teknologi. Pihak Microsoft mengklaim, banyak fitur ramah bisnis pada Windows 8 versi Pro, termasuk kemampuan enkripsi, manajemen virtualisasi, dan konektivitas domain.

Baik Windows 8 dan Windows 8 Pro, berjalan di perangkat komputer dan tablet dengan prosesor berarsitektur x86/64 (32 bit dan 64 bit).

Nah, untuk perangkat dengan prosesor berarsitektur ARM yang umumnya saat ini digunakan untuk tablet, akan menggunakan Windows 8 RT. Ya, ini adalah nama resmi sistem operasi Windows 8 untuk ARM. RT adalah singkatan dari "Run Time."

Di Windows 8 RT, ada versi gratis Microsoft Office meliputi Word, Excel, PowerPoint dan OneNote. Software ini dioptimalkan untuk penggunaan layar sentuh. Namun, tak ada software bawaan pemutar multimedia Windows Media Player pada versi ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.