Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malware Ganggu Lingkungan Virtualisasi, Kaspersky Siapkan Penjaga

Kompas.com - 17/04/2012, 16:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kaspersky mencatat ada lebih dari 70.000 malware baru yang menyerang komputer atau sistem keamanan perusahaan setiap hari.

Ancaman di lingkungan virtual ini pun meningkat pesat dari hanya satu ancaman malware per menit menjadi satu ancaman per detik.

Director Corporate Sales Kaspersky Lab Asia Pasifik Gun Suk Ling menjelaskan ancaman malware virtual ini tidak hanya menyerang sistem keamanan atau perangkat teknologi secara individu. Tapi malware tersebut kini sudah menyasar kalangan perusahaan yang memiliki infrastruktur virtualisasi sebagai sasaran baru.

"Ini akan mengindikasikan tren malware yang mengkhawatirkan di sistem virtualisasi," kata Suk Ling dalam konferensi pers di Bebek Bengil the Ubud Jakarta, Selasa (17/4/2012).

Untuk mengatasi kecenderungan malware yang terus meningkat, Kaspersky merilis anti-malware Kaspersky Security for Virtualization.

Hingga saat ini, perusahaan yang sudah mengadopsi cloud atau menuju cloud, belum semuanya peduli soal sistem keamanan.

Padahal, perusahaan tentu saja menaruh data penting di cloud atau server. Di cloud atau server itu masih dimungkinkan terdapat malware yang akan menyerang data penting perusahaan.

Untuk ini, Kaspersky Lab menggandeng WMWare (dengan aplikasi WMWare vShield Endpoint) merilis Kaspersky Security for Virtualization.

"Dengan antivirus ini, pengguna bisa melakukan sekali instalasi untuk satu server. Sementara antivirus lain, pengguna harus instalasi per alat. Sehingga akan boros waktu," tambahnya.

Sasar korporasi
Antivirus ini memang ditujukan untuk kalangan korporasi, khususnya yang memakai server atau siap ke cloud. Di Indonesia, perusahaan-perusahaan besar sudah meminati antivirus ini karena khawatir data pentingnya rawan tercuri atau kena virus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com