Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi dengan Konten Religi Cukup Populer di Ponsel

Kompas.com - 23/04/2012, 14:28 WIB

Oleh: Firman Nugraha*

Konten religi menurut saya adalah jenis konten yang spesial. Mengapa? Dari pengamatan saya, permintaan akan konten religi akan meningkat pesat menjelang hari raya keagamaan.

Dan jika melihat negara-negara seperti Indonesia di mana peran agama dan pemeluk agama sangat besar permintaan untuk konten religi sepertinya cukup tinggi. Selain itu, di dunia sangat banyak sekali pemeluk agama dan banyak di antaranya merupakan pemeluk yang taat beragama.

Nah… saya akan memberikan beberapa contoh konten religi yang sedang populer saat ini.

Di Google Play, aplikasi “Doa Selepas Solat” dan “Ayat-Ayat Ruqyah (Audio)” masuk ke “Trending Apps” dan jumlah unduhannya pun sudah mencapai ribuan hanya dalam kurun waktu beberapa hari setelah aplikasinya dirilis.

Di Nokia Store dan BlackBerry App World, saya pun melihat konten religi masuk ke jajaran aplikasi teratas.

Contoh lain, konten religi di luar dunia ponsel yang menarik kita lihat adalah maraknya artis yang mendadak menyanyikan lagu religi menjelang hari raya keagamaan.

Tentu mereka kemungkinan besar tidak mungkin melakukan hal tersebut jika lagu religi tidak laku menjelang hari raya keagamaan. Di blog personal saya, pernah ada artikel tentang puasa dan pembacanya banyak sekali terutama ketika mendekati bulan puasa.

Melihat hal ini, tentu ada potensi yang bisa kita garap untuk membuat produk berkonten religi di ponsel. Jika aplikasinya gratis, iklan bisa menjadi opsi yang menarik untuk monetasinya.

Namun tentu iklannya tidak boleh sembarangan, akan sangat aneh jika aplikasinya jenis religi namun iklannya yang bertolak belakang dengan agama yang bersangkutan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com