Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bapak Linux Raih "Nobel"-nya Dunia TI

Kompas.com - 23/04/2012, 17:22 WIB

KOMPAS.com — Linus Torvalds, pencetus sistem operasi open source Linux, terpilih sebagai salah satu dari dua penerima "Millenium Technology Prize".

Penghargaan yang diberikan setiap dua tahun sekali ini merupakan penghargaan terbesar di dunia dalam bidang teknologi. "Millenium Technology Prize" bisa disebut sebagai hadiah "Nobel"-nya dunia teknologi.

Penghargaan yang diberikan kepada tokoh teknologi tersebut telah dimulai sejak tahun 2004.

Tahun ini yang terpilih adalah Torvalds berkat penciptaan dan kontribusinya yang berkelanjutan bagi sistem operasi berbasis "kode terbuka".

"Linux telah menjadi basis dari smartphone Android, tablet, televisi digital, dan superkomputer di seluruh dunia," ungkap dewan juri yang berasal dari Akademi Teknologi Finlandia, yang menyelenggarakan penghargaan ini.

Apa yang dilakukan Bapak Linux ini sesuai dengan persyaratan dari Akademi Teknologi Finlandia, yakni "inovasi teknologi yang secara signifikan memperbaiki kehidupan manusia, hari ini, dan di masa depan".

"Hari ini, jutaan orang telah menggunakan Linux sebagai perangkat untuk bekerja atau untuk kehidupan sosial yang lebih mudah," tambah dewan juri.

Torvalds akan menerima Millenium Technology Prize pada 13 Juni 2012 di Helsinki, Finlandia. Selain Torvalds, penerima penghargaan lainnya adalah Dr Shinya Yamanaka dari Jepang, yang sedang melakukan penelitian stem cell.

Sekilas tentang Linus Torvalds

Linus Benedict Torvalds (atau yang lebih dikenal dengan Linus Torvalds) lahir di Helsinki, Finlandia, 28 Desember 1969.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com