Bapak Linux Raih "Nobel"-nya Dunia TI

Kompas.com - 23/04/2012, 17:22 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com — Linus Torvalds, pencetus sistem operasi open source Linux, terpilih sebagai salah satu dari dua penerima "Millenium Technology Prize".

Penghargaan yang diberikan setiap dua tahun sekali ini merupakan penghargaan terbesar di dunia dalam bidang teknologi. "Millenium Technology Prize" bisa disebut sebagai hadiah "Nobel"-nya dunia teknologi.

Penghargaan yang diberikan kepada tokoh teknologi tersebut telah dimulai sejak tahun 2004.

Tahun ini yang terpilih adalah Torvalds berkat penciptaan dan kontribusinya yang berkelanjutan bagi sistem operasi berbasis "kode terbuka".

"Linux telah menjadi basis dari smartphone Android, tablet, televisi digital, dan superkomputer di seluruh dunia," ungkap dewan juri yang berasal dari Akademi Teknologi Finlandia, yang menyelenggarakan penghargaan ini.

Apa yang dilakukan Bapak Linux ini sesuai dengan persyaratan dari Akademi Teknologi Finlandia, yakni "inovasi teknologi yang secara signifikan memperbaiki kehidupan manusia, hari ini, dan di masa depan".

"Hari ini, jutaan orang telah menggunakan Linux sebagai perangkat untuk bekerja atau untuk kehidupan sosial yang lebih mudah," tambah dewan juri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Torvalds akan menerima Millenium Technology Prize pada 13 Juni 2012 di Helsinki, Finlandia. Selain Torvalds, penerima penghargaan lainnya adalah Dr Shinya Yamanaka dari Jepang, yang sedang melakukan penelitian stem cell.

Sekilas tentang Linus Torvalds

Linus Benedict Torvalds (atau yang lebih dikenal dengan Linus Torvalds) lahir di Helsinki, Finlandia, 28 Desember 1969.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.