Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera Pengintai, Kamuflase Kamera untuk Mengintai

Kompas.com - 24/04/2012, 11:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kamera pengintai yaitu kamera yang diletakkan pada perangkat-perangkat tertentu dan fungsinya disamarkan atau dikamuflasekan menjadi perangkat tertentu. Dengan alat tersebut, pengguna bisa mengintai obyek dan merekamnya.

Usaha ini dilirik oleh dua bersaudara pemilik kamerapengintai.com, Victor Leonardo dan Felix Andrean, sejak empat tahun lalu.

Awalnya Felix memang sedang kuliah di China dan setiap hari selalu melewati pasar-pasar yang menjual perangkat murah.

Salah satu alat yang diliriknya adalah kamera pengintai yang berbentuk remote mobil. Awalnya, alat tersebut hanya dijadikan oleh-oleh untuk saudaranya di Indonesia, tetapi lama-lama banyak saudara yang menginginkannya.

Victor yang kebetulan doyan dengan dunia teknologi secara iseng menjualnya di sebuah forum online. Alhasil, jualan yang awalnya iseng malah laris, kenang Victor saat ditemui Kompas.com di tokonya di Mangga Dua Square Jakarta, Senin (23/4/2012).

Karena permintaan bertambah, Felix dan Victor pun menambah model kamera pengintai. Kini sudah ada model kamera pengintai dengan bentuk bolpoin, jam tangan, jam meja, kotak tisu, kunci mobil, kancing, korek api, asbak, kacamata, hingga dasi.

"Kamera pengintai dengan bentuk jam tangan, kancing, bolpoin, dan kunci mobil biasanya paling laris di sini," tambahnya.

Penggunaan mudah

Untuk menggunakan alat kamera pengintai ini sangatlah mudah. Di masing-masing alat sudah disediakan tombol untuk mengaktifkannya.

Biasanya ada indikasi lampu menyala dan kamera pengintai sudah bisa digunakan untuk merekam atau memotret obyek yang sedang diintai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com