Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Inacraft 2012

Barang Kerajinan "Tumplek Blek" di JCC

Kompas.com - 25/04/2012, 10:28 WIB
Tomy Trinugroho A.

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Para pencinta barang-barang kerajinan silakan datang ke Jakarta Convention Center (JCC) mulai Rabu (25/4/2012) ini sampai akhir pekan nanti. Sebanyak 1.800 perusahaan kerajinan tumplek blek di tempat itu memamerkan sekaligus menjual berbagai macam produk.

Ajang bernama Inacraft 2012 tersebut dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada Rabu ini. Acara pembukaan dibuat bertemakan kebudayaan dan keharmonisan Provinsi Kalimantan Barat. Tidak mengherankan, ketika Presiden dan Ny Ani Yudhoyono tiba di ajang pameran, mereka disambut 12 "pagar ayu" (penyambut tamu) berbusana Dayak, Melayu, dan Tionghoa.

Dalam acara ini terdapat 1.237 stan pameran. Jumlah peserta yang mencapai 1.800 perusahaan kerajinan menunjukkan peningkatan karena pada tahun lalu peserta pameran adalah 1.650 perusahaan. Di samping itu, melalui internet, sekitar 500 pembeli luar negeri menyatakan akan datang. Diperkirakan pembeli asing lebih dari 1.000 orang.

Selain berbagai perusahaan kerajinan asal Indonesia, ada pula peserta dari Vietnam, Laos, Kamboja, Myanmar, Iran, serta Jepang. Panitia memperkirakan jumlah pengunjung mencapai seperempat juta orang. Transaksi dagang diharapkan meningkat 10 persen ketimbang tahun lalu yang mencapai 8,2 juta dollar AS dan penjualan retail Rp 95 miliar lebih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com