Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perusahaan Asing Juga Ikut Inacraft

Kompas.com - 25/04/2012, 10:49 WIB
Ester Meryana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran dagang kerajinan Indonesia yakni Inacraft ke-14 diikuti oleh 1.800 peserta perusahaan. Para peserta perusahaan kerajinan dari seluruh Indonesia tersebut menempati 1.237 stan, di Gedung Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta. Jumlah peserta tersebut naik dibandingkan tahun lalu yang hanya 1.650 perusahaan.

"Disamping peserta Indonesia, terdapat pula beberapa perusahaan dari Vietnam, Laos, Kamboja, Myanmar, Iran dan Jepang," sebut Ketua Umum Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (Asephi), Rudy Lengkong, di Jakarta, Rabu (25/4/2012).

Asosiasi memperkirakan, jumlah pengunjung selama lima hari pameran (25/4-29/4) akan mencapai 250.000 orang. Selain itu, melalui data on-line, ada sekitar 500 buyer asing yang telah menyatakan kehadirannya. Peserta terbanyak datang dari Malaysia, Singapura, Amerika Serikat, Jepang dan India. Tahun 2011, ada 823 buyer asing yang hadir dari 31 negara.

"Diperkirakan jumlah buyer luar negeri yang akan mengunjungi pameran akan mencapai 1.000 orang lebih," tambah Rudy.

Pada kegiatan Inacraft tahun ini, diharapkan akan ada peningkatan transaksi dagang sebesar 10 persen dari tahun lalu yang mencapai 8,2 juta dollar AS. Sementara penjualan ritel mencapai lebih dari Rp 95 miliar pada tahun 2011.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com