TEKNOLOGI INFORMASI

Pemerintah Fokus pada Pemerataan Internet

Kompas.com - 27/04/2012, 03:36 WIB
Editor

BANDUNG, KOMPAS - Pemerintah masih fokus memperluas akses internet. Salah satunya lewat pembangunan jaringan kabel serat optik, Palapa Ring, terutama di daerah Indonesia timur. Tuntutan masyarakat di kota besar akan akses internet yang lebih cepat sebaiknya dijawab investasi operator telekomunikasi.

Demikian penjelasan Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring mengenai peta jalan pemerintah dengan akses internet, Rabu (25/4). Tifatul membuka acara ”e-Indonesia Initiatives” di Institut Teknologi Bandung. Temanya, komputasi awan dan jejaring sosial meningkatkan produktivitas warga.

”Orientasi kebijakan teknologi informasi di Indonesia adalah pemerataan akses internet dengan target 50 persen warga bisa mengakses,” ujar Tifatul.

Salah satu upaya mendongkrak akses internet di Indonesia adalah kebijakan desa berakses internet sebanyak 33.100 desa dan 5.748 kecamatan. Akses internet di Indonesia tertinggal jauh dari jangkauan jaringan telepon seluler yang mencakup 94 persen wilayah Indonesia.

Upaya lain adalah proyek infrastruktur Palapa Ring, yakni pemasangan serat optik ke daerah timur Indonesia, dari Manado hingga Manokwari. Tifatul berharap rampungnya proyek itu mempercepat akses internet bagi warga di sana, diperkirakan rampung tahun 2015.

Saat ini, investasi swasta baru mencakup daerah pesisir Papua karena alasan ekonomis. Jalur serat optik melalui pulau terpencil tetap dilakukan pemerintah dengan pendanaan ICT Fund, yang dikumpulkan dari 1,25 persen keuntungan tiap operator telekomunikasi di Indonesia.

Direktur Telekomunikasi Khusus Penyiaran Publik dan Universal, Ditjen Pos dan Telekomunikasi Woro Indah Widiastuti menyampaikan, rampungnya Palapa Ring bisa mempercepat realisasi Nusantara Internet Exchange, yakni proyek jaringan internet berbasis komputasi awan untuk pemerintah daerah. Salah satu fungsinya, mendorong administrasi secara elektronik sehingga lebih ringkas dan cepat. (ELD)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.