Rancangan Ponsel Pertama Google Ternyata Mirip BlackBerry

Kompas.com - 27/04/2012, 15:17 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Sebelum sistem operasi Android ada, Google telah bermimpi punya ponsel sendiri. Pada 2006, Google telah merancang sebuah ponsel yang ternyata mirip dengan smartphone BlackBerry besutan Research In Motion (RIM).

Dalam kasus hukum gugatan Oracle kepada Google terkait penggunaan lisensi tampilan antarmuka pemrograman aplikasi (Application Programming Interface-API) Java, Google menyerahkan dokumen ke pengadilan yang salah satunya berisi prototipe ponsel pertama Google.

Kala itu Google ingin membuat ponsel dengan sistem operasi open source. Keyboard-nya didesain dengan susunan Qwerty. Tombol-tombolnya dibuat cembung berbentuk bulat-bulat.

Google mengajak perusahaan operator seluler AS, T-Mobile, untuk memberi layanan internet data unlimited, agar layanan Google macam GMail dan Google Map bisa diakses dari ponsel tersebut.

Ponsel Google itu rencananya diperkuat  prosesor berarsitektur ARM dengan clock speed 200MHz, RAM 64MB, Bluetooth, QVGA display 16-bit clolor, dan kamera 2MP.

Namun, rencana merilis ponsel Google tak kunjung terealisasi. Ponsel dengan sistem operasi Android dari Google akhirnya pertama kali diadopsi oleh vendor asal Taiwan HTC pada 22 Oktober 2008, dengan harga 179 dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.