Samsung Cetak Laba Besar Berkat Telepon Pintar

Kompas.com - 27/04/2012, 18:12 WIB
EditorReza Wahyudi

Laba Samsung Electronics meningkat 81% di kwartal pertama, berkat penjualan telepon pintar dan naiknya potensi keuntungan di unit panel layar.

Laba bersih mencapai 4,5 miliar dollar AS (Rp 41,3 triliun) dalam tiga bulan pertama hingga akhir Maret.

Kesuksesan seri Galaxy menjadikan Samsung sebagai salah satu pembuat telepon pintar terbesar di dunia.

Samsung juga merupakan produsen televisi dan layar datar terbesar di dunia.

"Kami berharap momentum keuntungan ini akan berlanjut karena kami semakin kompetitif," kata Robert Yi, kepala relasi investor di Samsung.
Masa depan cerah

Perusahaan itu mengatakan divisi IT dan komunikasi bergerak yang merakit telepon pintar, mencetak laba 86% lebih tinggi tahun ini.

Samsung akan meluncurkan versi terbaru Galaxy pada 3 Mei.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pasar telepon pintar kini hanya memiliki dua pemain yaitu Samsung dan Apple," kata Lee Sei-Cheol dari Meritz Securities.

"Karena telepon Galaxy 3 diluncurkan Mei nanti, Samsung akan terus menikmati meningkatnya penjualan divisi telepon bergerak."

Permintaan global telepon pintar diperkirakan akan naik dalam beberapa tahun mendatang dan perusahaan riset IDC meramalkan jumlah telepon pintar yang diproduksi di seluruh dunia akan mencapai angka 659 juta pada tahun ini.

Samsung kini menghadapi persaingan ketat dari Apple (AS), Nokia (Finlandia) dan HTC (Taiwan).

Apple pekan ini mengatakan mereka telah menjual 35 juta iPhone di kwartal pertama dan akan meluncurkan seri iPhone 5 akhir tahun ini. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.