Kalahkan Apple dan Nokia, Samsung Jadi Raja Ponsel Dunia

Kompas.com - 30/04/2012, 13:02 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya, penjualan ponsel Samsung mengalahkan Nokia. Bahkan vendor asal Korea Selatan tersebut berhasil mengalahkan dominasi Apple dengan iPhone-nya di pasar smartphone.

Seperti dikutip dari BBC, biro riset Strategy Analytics melaporkan penjualan ponsel global hingga akhir kuartal I-2012. Dalam laporan tersebut, penjualan ponsel dari Samsung berhasil mengalahkan penjualan ponsel Nokia dan Apple.

Padahal dominasi penjualan ponsel Nokia tidak terkalahkan sejak 1998 lalu.

Laporan tersebut merilis penjualan ponsel dari Samsung sebesar 93,5 juta unit. Samsung berhasil mendapatkan pangsa pasar 25,4 persen.

Sementara Nokia dalam waktu yang sama hanya berhasil menjual 82,7 juta unit atau mendapat pangsa pasar 22,5 persen. Sedangkan Apple menjual 35,1 juta unit dengan pangsa pasar 9,5 persen. Vendor lainnya 156,7 juta unit (42,6 persen).

"Keberhasilan ini mengharuskan kami untuk terus maju, karena pesaing kami juga terus meningkatkan performa bisnisnya," kata Robert Yi, Head of Investor Relations Samsung.

Begitu juga di pasar ponsel pintar (smartphone). Samsung masih merajai pasar dengan jumlah penjualan smartphone sebesar 44,5 juta unit, disusul Apple 35,1 juta unit dan Nokia 11,9 juta unit.

Atas kesuksesan penjualan tersebut, Samsung memperoleh laba 4,5 miliar dollar AS (Rp 41,3 triliun), naik 81 persen dibanding kuartal I-2011.

Lee Sei-Cheol, analis dari Meritz Securities menjelaskan kesuksesan Samsung dalam hal penjualan ponsel ini disebabkan karena rentang produk yang dimilikinya sangat lengkap, mulai dari feature phone, smartphone hingga tablet.

Bahkan dalam waktu dekat, Samsung akan merilis Samsung Galaxy S III, jajaran ponsel kelas atasnya. Seri Galaxy ini bahkan bisa melampaui Apple sebagai penjual smartphone terbesar di dunia.

"Pasar smartphone hanya diisi oleh dua pemain, Samsung dan Apple," kata Lee.

Kesuksesan seri Galaxy menjadikan Samsung sebagai salah satu pembuat telepon pintar terbesar di dunia.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X