Telkom Akan Tinggalkan Kabel Tembaga demi Internet Kencang

Kompas.com - 30/04/2012, 13:16 WIB
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) akan meninggalkan jaringan telepon kabel tembaga secara bertahap mulai hari ini (30/4/2012).

Selanjutnya, operator milik pemerintah ini akan mengganti kabel di setiap tower dengan kabel fiber optic.

Direktur Utama Telkom, Rinaldi Firmansyah menjelaskan jaringan telepon kabel fiber optic akan membantu jaringan komunikasi lebih optimal. Selain itu akan mempercepat koneksi internet.

"Penggantian jaringan telepon kabel itu akan dilakukan siang ini. Kami akan mengganti jaringan telepon kabel tembaga dengan fiber optic," kata Rinaldi di Jakarta, Senin (30/4/2012).

Langkah tersebut merupakan strategi radikal yang dibuat oleh Telkom untuk merevitalisasi jaringan kabel miliknya. Selama ini, jaringan kabel tembaga hanya bagus untuk komunikasi suara. Sementara untuk internet, kecepatannya belum maksimal.

Rinaldi mengakui jumlah pelanggan layanan telepon tetap kabel (fixed wireline) semakin menurun yang saat ini mencapai sekitar 8,5 juta satuan sambungan telepon (SST). Di sisi lain, terjadi peningkatan pelanggan data internet Speedy yang saat ini telah mencapai 2 juta nomor.

"Saat terjadi penurunan layanan voice, Telkom harus terus mencari terobosan untuk meningkatkan layanan data," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk menyelesaikan penggantian jaringan kabel tembaga tersebut, Telkom menggandeng PT Inti (Persero).

Rencana penggantian kabel tembaga menjadi kabel fiber optik memakan waktu tiga tahun hingga selesai. Targetnya dalam tahun ini, akan ada 1 juta kabel fiber optik yang akan terpasang.

"Keseluruhan selesainya 2015. Sebelumnya ada tahap-tahapnya, sekitar 1 juta sambungan tahun ini," tambah Rinaldi.

Sekadar catatan, hari ini pukul 13.30 WIB akan dilakukan peresmian penggantian jaringan telepon kabel tembaga menjadi kabel fiber optik di Sentral Telepon Otomatis milik Telkom di jalan Gatot Subroto Jakarta. Untuk peresmian acara tersebut, akan hadir Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah dan mantan Dirut Telkom sebelumnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.