Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Berikan Software Gratis untuk LSM

Kompas.com - 03/05/2012, 01:33 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Microsoft mendorong lembaga sosial masyarakat (LSM) atau Non Government Organization (NGO) untuk menggunakan teknologi informasi demi produktivitas.

Director Corporate Affairs Microsoft Indonesia Chrisma Albandjar menjelaskan LSM memang menjadi ujung tombak pendamping masyarakat akar rumput dalam memberdayakan masyarakat di berbagai bidang.

Sebagai organisasi non profit, LSM ini tentu punya tantangan bisa bekerja dengan sumber daya yang lebih efisien.

"Untuk mendukung produktivitas kerja mereka, kami memberikan donasi software (software donation) sesuai kebutuhannya," kata Chrisma saat media gathering di Resto Le Seminyak Pacific Place Jakarta, Selasa (1/5/2012).

Hingga saat ini, era globalisasi menuntut semua perusahaan dan individu untuk bergerak secara digital dan virtual. LSM pun perlu memanfaatkan perangkat teknologi agar terus berdaya saing.

Sehingga peran teknologi dianggap paling penting di sini. Selain untuk meningkatkan produktivitas, peran IT di sini bisa untuk memonitor kegiatan, komunikasi jarak jauh, manajemen keuangan, manajemen proyek dan sebagainya.

"Kami menyediakan peranti lunak secara gratis kepada LSM-LSM tersebut," tambahnya.

Kebanyakan LSM ini memang hanya memerlukan software Microsoft Office, server, Live Messenger, Microsoft Publisher, OS Windows asli maupun antivirus. Perangkat lunak tersebut kebanyakan dipilih karena LSM memang mayoritas hanya memakai perangkat lunak itu.

"Kami akan memberikan software secara volume license, tergantung kebutuhan LSM. Kalau ada 20 perangkat keras, maka kita akan meng-install di 20 perangkat tersebut," jelasnya.

Pendaftaran
Untuk bisa mendapatkan software tersebut secara gratis, para LSM ini diharuskan memiliki surat akta notaris tentang LSM yang bergerak di bidang non profit. Selain itu, LSM ini juga wajib terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com