Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalam Hitungan Jam, Samsung Akan Ungkap "The Next Galaxy"

Kompas.com - 03/05/2012, 23:52 WIB

KOMPAS.com - Dalam hitungan jam atau tepatnya Jumat (4/5/2012) pukul 01.00 WIB, Samsung akan menghentikan berbagai rumor Galaxy S III dalam acara bertajuk "Samsung Unpacked" di London, Inggris.

Samsung menolak berkomentar menjelang peluncuran ini dan bahkan tidak mau menyebutkan nama seri terbaru itu. Situs Samsung hanya menyebutnya sebagai "The Next Galaxy".

Namun, Samsung mengatakan smartphone itu tidak akan memiliki layar 3D dan akan menjadi smartphone pertama yang menggunakan chip Exynos 4 quad-core.

Samsung juga berjanji desain terbaru akan menggandakan kecepatan prosessor dan menghemat energi 20% dibandingkan dengan chip yang digunakan Galaxy S2.

Galaxy terbaru ini juga dapat merekam dan memainkan video dengan layar resolusi definisi tinggi 1080p.

Tetapi banyak pengamat menduga peluncuran yang digelar di Earls Court Exhibition Centre akan fokus pada bentuk dan bukan pada statistik.

"Bagi konsumen normal, chip itu tidak penting, tetapi pengalaman yang ditawarkan," kata Carolina Milanesi, wakil presiden riset firma analisis teknologi Gartner.

"Jadi semakin hemat baterainya, semakin baik respon sentuhnya serta kemampuan melakukan berbagai hal sekaligus."

Para konsumen telepon pintar terkadang sangat sulit untuk dipuaskan. Produsen Blackberry Research In Motion dan HTC mengalami penurunan penjualan karena salah menilai daya tarik produk mereka bagi konsumen.

Namun Gavin Byrne, analis kepala di firma pakar telekomunikasi CCS Insight yakin Samsung mampu menghindari hal itu.

"Hanya ada dua perusahaan besar di pasar telepon pintar yang mencetak keuntungan besar saat ini, yaitu Samsung dan Apple," kata Byrne.

"Samsung kini jauh di depan rivalnya HTC sesudah firma Taiwan itu gagal merebut pasar.

"Sebaliknya Samsung telah mendapat pelajaran bahwa piranti lunak dan membuat produk mereka diinginkan itu lebih penting dibanding hanya memiliki teknologi dan spesifikasi terbaik."

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com