Pencurian Data Jadi Tren Kejahatan Cyber

Kompas.com - 04/05/2012, 21:24 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Jumlah program jahat (malware) yang merusak sistem operasi lambat laun jumlahnya tidak sebanyak dulu. Tren kejahatan cyber kini mengarah pada pencurian informasi dan data melalui trojan horse atau kuda Troya.

Trojan horse disisipi dengan berbagai cara. Pertama, dimasukkan ke sebuah aplikasi. Effendy Ibrahim, Director for Consumer Business Symantec Asia, mewanti-wanti pengguna ketika membaca end-user agreement yang biasanya muncul saat proses instalasi.

"Kebanyakan pengguna tidak memedulikan end-user agreement ketika aplikasi meminta izin untuk mengakses data pengguna," katanya dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (4/5/2012).

Jika izin mengakses data itu tidak relevan dengan sifat aplikasi, ada baiknya jangan diberi izin karena beresiko data dan informasinya akan dicuri.

Cara kedua, melalui situs web palsu. "Berhati-hatilah jika ada sebuah iklan online atau tautan tak jelas yang mengantarkan ke sebuah situs yang menyuruh pengguna mengisi data pribadi," ucap Effendy. Secara diam-diam, data pengguna akan dibawa ke pusat data milik penjahat cyber.

Tidak sedikit penjahat cyber yang memanfaatkan data pengguna untuk mencari keuntungan finansial. Kebanyakan programmer nakal mengincar nomor kartu debit dan kartu kredit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.