Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Ribu "Username dan Password" Twitter Bocor

Kompas.com - 09/05/2012, 15:04 WIB

KOMPAS.com - Puluhan ribu username dan password di jejaring sosial Twitter bocor, Selasa (8/5/2012). Semua username dan password itu dipublikasi ke sebuah situs pemrograman untuk berbagi kode Pastebin.com.

Dikutip dari ComputerWorld, setidaknya ada 58,978 username dan password yang dipublikasi di Pastebin. Saking banyaknya, data yang diterbitkan di Pastebin terdiri dari 5 halaman. Data-data itu dikirim oleh akun anonim pengguna Pastebin.

Saat ini, pihak Twitter masih melakukan investigasi bagaimana cara si pembobol (hacker) bisa menembus keamanan Twitter, dan mendapatkan puluhan ribu akun situs mikroblog 14 karakter itu.

Dalam penyelidikan awal, juru bicara Twitter Robert Weeks mengatakan, ada banyak username dan password yang diduplikasi. "Kami menemukan bahwa 20 ribu username dan password di Pastebin merupakan duplikasi, dan akun penyebar spam yang telah dinon-aktifkan," ujar Weeks.

Selain itu, Twitter juga menemukan bahwa username dan password yang dibocorkan itu tidak benar-benar terkait satu sama lain sehingga tidak bisa melakukan log-in.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com