Puluhan Ribu "Username dan Password" Twitter Bocor

Kompas.com - 09/05/2012, 15:04 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Puluhan ribu username dan password di jejaring sosial Twitter bocor, Selasa (8/5/2012). Semua username dan password itu dipublikasi ke sebuah situs pemrograman untuk berbagi kode Pastebin.com.

Dikutip dari ComputerWorld, setidaknya ada 58,978 username dan password yang dipublikasi di Pastebin. Saking banyaknya, data yang diterbitkan di Pastebin terdiri dari 5 halaman. Data-data itu dikirim oleh akun anonim pengguna Pastebin.

Saat ini, pihak Twitter masih melakukan investigasi bagaimana cara si pembobol (hacker) bisa menembus keamanan Twitter, dan mendapatkan puluhan ribu akun situs mikroblog 14 karakter itu.

Dalam penyelidikan awal, juru bicara Twitter Robert Weeks mengatakan, ada banyak username dan password yang diduplikasi. "Kami menemukan bahwa 20 ribu username dan password di Pastebin merupakan duplikasi, dan akun penyebar spam yang telah dinon-aktifkan," ujar Weeks.

Selain itu, Twitter juga menemukan bahwa username dan password yang dibocorkan itu tidak benar-benar terkait satu sama lain sehingga tidak bisa melakukan log-in.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.