Preview Startup Asia

Mulai Dari Nol Hingga Meraup Jutaan Dollar

Kompas.com - 09/05/2012, 15:24 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

Penulis: Willis Wee*

Saya selalu mengagumi wirausahawan yang berani dan bekerjakeras, dan ternyata tidak sulit menemukan orang seperti itu di Indonesia. Contohnya adalah dua orang ini, Yazid Faizin dan Pandu Wirawan. Mereka adalah pendiri Adstars, salah satu jaringan iklan mobile awal di negeri ini.

Tahun lalu, kami mengetahui, perusahaan itu menghasilkan lebih dari 500 juta impression pada iklan mereka per bulannya. Itu sungguh mengagumkan dan mereka mengaku itu diraih melalui kerja keras.

Saya juga dengar dari beberapa teman di jaringan startup bahwa, kedua orang itu sangat terobsesi dengan startup mereka; bahkan hingga lupa makan, kerja hingga badan "babak belur" tapi otak tetap prima. Memang bukan omong kosong kalau dikatakan, wirausahawan adalah juga pekerja keras.

Buat Yazid dan Pandu, inilah yang disebut sebagai "gairah untuk mendorong sesuatu lebih jauh dan jadi lebih baik." Itu sesuatu yang layak dikagumi. Tentunya, Anda tak perlu bekerja sampai sakit. Ingat ya, ini bukan sesuatu yang bisa ditiru semua orang.

Untungnya buat mereka, segala kerja keras itu membawa hasil yang menyenangkan. Hanya beberapa tahun sejak diluncurkan, Adstars sudah bisa meraup untung.

Bahkan, Saya dengar, pendapatan tahunannya sudah mencapai angka jutaan (dollar!). Meskipun, mereka tidak mau ngaku, berapa sih angka sebenarnya. Adstars sampai saat ini terus tumbuh dan bertahan. Kebanyakan orang yang Saya temui di industri periklanan Indonesia biasanya memuji-muji jaringan iklan mobile mereka.

Dengan senang hati saya kabarkan bahwa keduanya akan turut berbagi pengalaman startup mereka di acara Startup Asia Jakarta pada 7 Juni, jam 14:30 - 15:00 WIB. Sesi itu berjudul “From Zero to Millions in Revenue.”

Obrolan santai ini akan banyak memberi masukan dan juga menyenangkan bagi peserta. Yazid dan Pandu juga berencana mengungkap apa usaha mereka berikutnya di acara tersebut. Sejauh ini, mereka masih tutup mulut soal apa startup berikutnya yang akan mereka lahirkan. Tapi, melihat rekam jejak mereka selama ini, Saya sih yakin itu akan jadi sesuatu yang menarik dan membawa untung.

Sampai jumpa di Startup Asia Jakarta! Nantikan terus preview selanjutnya dari agenda kami.


*Tentang Penulis: Willis Wee adalah pendiri Tech in Asia, penyelenggara Startup Asia Jakarta. Kompas.com merupakan salah satu media partner event tersebut.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.