HP Kenalkan Komputer "Tanpa Kabel Listrik"

Kompas.com - 10/05/2012, 11:43 WIB

SHANGHAI, KOMPAS.com - Solusi thin client sudah menjadi solusi standar bagi sebuah perusahaan yang ingin menghemat biaya penggunaan PC. Dan sudah banyak pula vendor yang menawarkan solusi ini.

Namun, kali ini Hewlett Packard (HP) memperkenalkan sebuah solusi thin client yang benar-benar berbeda.

HP memperkenalkan solusi thin client yang tak mewajibkan penggunaan kabel power (listrik) sama sekali.

Produk tersebut adalah HP t410 All in One yang terdiri dari sebuah monitor 18,5 inci yang didalamnya terdapat unit board komputasi (zero client unit).

Lalu dari mana komputer pengguna mendapatkan sumber listrik?

HP t410 yang saat digunakan hanya butuh daya 13 Watt -- termasuk untuk monitor LCD -- mendapat sumber listrik dari kabel Ethernet (kabel jaringan).

Jadi kabel jaringan di sini selain berguna menghubungkan komputer pengguna dengan komputer host, juga berguna untuk menyuplai listrik.

Solusi thin client yang disebut menggunakan teknologi "one wire" ini diklaim lebih hemat daya dan memudahkan instalasi karena tak banyak memerlukan kabel.

HP bekerja sama dengan 3M untuk menghadirkan monitor yang sangat hemat listrik pada solusi thin client di HP t410.

"Selain efisien dalam penggunaan listrik, monitor ini juga mendukung berbagai protokol dan dapat diprogram dari jarak jauh," ujar John Solomon, Senior Vice President dan General Manager Printing dan Personal Systems HP, saat memperkenalkan HP t410 pada ajang "Global Influencer Summit" yang digelar di Shanghai Expo Center, China.

Selain menyuplai listrik untuk layar monitor, kabel ethernet yang digunakan di HP t410 juga menyuplai listrik untuk prosesor ARM yang terdapat di unit zero client.

Thin client sendiri merupakan teknologi yang memungkinkan pengguna mengoperasikan komputer tanpa perlu ada PC di mejanya, jadi cukup ada monitor, keyboard, dan mouse saja.

Seluruh proses komputasi yang ada di sisi pengguna seluruhnya ditangani oleh komputer host/server

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorWicaksono Surya Hidayat
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X