Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belajar "Jurus 5K" dari Silicon Valley untuk Startup Indonesia

Kompas.com - 10/05/2012, 12:49 WIB

Penulis: Novistiar*

CALIFORNIA, KOMPAS.com - Bulan April lalu saya dan Andy Zain berkunjung ke San Francisco dan Silicon Valley mewakili Jakarta Founder Institute untuk menghadiri Global Director Meeting dan Founder Showcase.  

Founder Showcase adalah ajang di mana startup-startup lulusan Founder Institute dari berbagai penjuru dunia mendapat kesempatan untuk mempresentasikan (pitch) startup mereka di depan para penanam modal (Angels dan Venture Capitalists).  

Pada kali ini ada 8 startup yang terpilih melakukan presentasi dan pemenangnya adalah Itembase, sebuah startup lulusan Berlin Founder Institute.  

Selain itu, kami juga mendapat kesempatan untuk mengunjungi markas 500Startups, salah satu inkubator terkemuka di sana, dan berbicara dengan partner, mentor dan startup mereka.  

Ada beberapa hal penting yang yang saya perhatikan menentukan keberhasilan suatu startup dan ingin saya bagikan dalam tulisan ini yaitu 5K: Keberanian, Komitmen, Kerja Keras, Kolaborasi dan Kompetisi.

Keberanian

Keberanian dibutuhkan agar suatu startup bisa menghasilkan produk baru yang inovatif dan berguna bagi orang banyak.  

Sebenarnya masih banyak problem di dunia ini yang perlu dipecahkan. Hanya saja, banyak dari problem itu yang cukup pelik dan tidak dapat dipecahkan dengan mudah.  

Contoh startup yang memiliki keberanian ini adalah Arcimoto, salah satu startup yang melakukan presentasi di Founder Showcase.  

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com