Bertemu Investor, Baju Bos Facebook Dikritik

Kompas.com - 12/05/2012, 11:51 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com - Kaus dan sweter bertudung nampaknya telah menjadi pakaian favorit pendiri sekaligus CEO Facebook Mark Zuckerberg. Saking favoritnya, Zuckerberg tetap mengenakannya di tengah acara formal yang kelak menentukan masa depan Facebook.

Pekan ini Zuckerberg mulai melakukan roadshow menawarkan saham perdana Facebook ke sejumlah investor. Road show pertamanya dilaksanakan di New York, dan Zuckerberg tetap mengenakan celana jins, kaus dan sweater bertudung atau populer disebut hoodie.

Gaya berbusana CEO berusia 27 tahun ini dikritik oleh peserta yang juga menghadiri acara tersebut. Menurut Michael Pachter, analis dari Wedbush Securities, memakai hoodie dalam pertemuan dengan calon investor adalah pertanda Zuckerberg tidak serius menawarkan saham perdananya.

"Menurut saya itu tanda ketidakdewasaan. Zuckerberg harus menunjukkan kepada investor bahwa Facebook layak untuk diinvestasi dengan uang mereka," ujar Pachter.

Ia berpendapat, seharusnya Zuckerberg menunjukkan rasa hormat agar para calon pemegang saham yakin bahwa dirinya mampu memimpin perusahaan yang sebentar lagi akan menjual saham ke publik dengan nilai terbesar sepanjang sejarah industri teknologi.

Analis lain juga melontarkan pendapat serupa. Dan Olds, analis dari Gabriel Consulting Group menyarankan agar Zuckerberg lebih menghargai dan menunjukkan rasa hormat kepada orang-orang yang akan mendanai perusahaannya.

"Itu bisa disebut sebagai sebuah ketidakpedulian atau kesombongan, atau bahkan ia sama sekali tidak memikirkan apa yang ia kenakan. Aturan pertama dalam menjual saham adalah jangan beri kesan tak nyaman sebelum kau mencoba menjualnya," Olds.

Sementara itu, analis Brad Shimmin dari Current Analysis mengatakan, memang ada seragam standar ketika seseorang masuk ke dunia keuangan. Namun hal itu dinilai tidak terlalu penting bagi Shimmin. "Yang penting adalah bagaimana investor mengambil keputusan," ujarnya.

Hoodies yang dikenakan Zuckerberg tak bermaksud mengurangi rasa hormat kepada investor, karena Zuckerberg memang menyukai pakaian yang terkesan santai. Jangankan kaus dan sweter, Zuckerberg bahkan pernah rapat dengan perusahaan investasi Sequia Capital, hanya mengenakan pakaian yang terlihat seperti piyama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.