Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Semakin Serius Geluti Bisnis "Otak" Smartphone

Kompas.com - 15/05/2012, 09:15 WIB

KOMPAS.com - Intel yang sebelumnya hanya fokus ke bisnis prosesor komputer desktop dan laptop, kini terlihat makin serius dalam bisnis chip untuk perangkat mobile, seperti smartphone dan tablet.

Seperti dilansir Cnet, dalam acara hari investor tahunan Kamis minggu lalu, Intel menegaskan bahwa prosesor smartphone dual-core pertamanya, Atom "Medfield" Z2580, akan dirilis tahun ini dan ditawarkan bersama dengan chip 4G LTE Intel.  

Atom Z2580 adalah chip dengan CPU dual-core berkecepatan 1.3 GHz dan pengolah grafis PowerVR SGX 544MP2 yang disinyalir lebih kencang dibandingkan unit grafis milik SoC A5 pada Apple iPad 2 dan iPhone 4S. Prosesor Atom baru ini dibuat dengan proses fabrikasi 32 nm.

Prosesor Atom Z2460 yang menjadi andalan Intel saat ini diklaim mampu mengimbangi performa smartphone dengan prosesor berbasis ARM, meski belum sanggup bersaing dalam hal daya tahan baterai.

Sebagai bukti komitmen pada smartphone, CEO Intel Paul Otellini mengatakan bahwa pengembangan chip smartphone akan berjalan "dua kali lebih cepat dari hukum Moore". Ini berarti chip yang biasanya membutuhkan waktu pengembangan selama enam tahun bisa diselesaikan dalam tiga tahun saja.

Untuk 2013, Intel sudah menyiapkan chip berkode-nama "Merrifield" yang diperkuat arsitektur baru dan unit grafis yang lebih bertenaga.

Produk-produk smartphone baru berbasis prosesor Intel diperkirakan akan dirilis dalam waktu dekat. Selain Lenovo dengan K800, ZTE dan Motorola turut membuat ponsel pintar dengan prosesor Intel.

Di bisnis prosesor untuk smartphone dan tablet, pemain lamanya dan yang bakal jadi kompetitor Intel adalah ARM. ARM adalah perusahaan spesialis pembuat chip untuk perangkat mobile. Produk buatan mereka telah digunakan banyak oleh vendor ponsel dan tablet.

Sebelum Intel hadir bisa dibilang ARM melenggang dengan leluasa mendominasi pasar cip perangkat mobile

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com