Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Canon Akan Ganti Pekerja Manusia dengan Robot

Kompas.com - 15/05/2012, 10:54 WIB

KOMPAS.com - Produsen produk digital imaging asal Jepang, Canon mengumumkan rencananya untuk memakai robot sebagai ganti tenaga kerja manusia di pabrik kamera.

Seperti dilansir oleh Electronista, juru bicara Canon Jun Misumi mengatakan bahwa langkah tersebut dilakukan demi menghemat ongkos produksi.

Canon berharap proses otomatisasi produksi kamera digital dengan robot tersebut dapat diterapkan sepenuhnya pada 2015.

Canon menggunakan metode produksi "Cell-Production" di mana pekerja tidak duduk di samping ban berjalan dan melakukan satu tugas tunggal berulang-ulang, tapi merakit sebuah komponen utama.

Belakangan, robot mengambil alih proses perakitan ini untuk menggantikan peran manusia.

Meski begitu, Misumi menjelaskan bahwa Canon tidak akan merumahkan pekerja yang diganti oleh robot. Tenaga kerja manusia akan dialihkan ke bidang lain.

Lebih lanjut, Misumi mengatakan bahwa tren otomatisasi dengan robot juga diikuti oleh perusahaan Jepang lainnya, bukan Canon saja.

Perusahaan-perusahaan Jepang khawatir lokasi produksi barang bisa berpindah ke China atau India karena ongkos pekerja di sana lebih murah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com