Augmented Reality dan Media Sosial

Kompas.com - 15/05/2012, 14:22 WIB
EditorReza Wahyudi

Penulis: Senja Lazuardy*

KOMPAS.com - Tidak sedikit orang yang masih bertanya-tanya mengenai apa itu teknologi Augmented Reality (AR). Teknologi AR sebenarnya merupakan hal yang telah umum saat ini, baik di bidang informasi, branding, edukasi, dan sosial media.

Prinsipnya mudah, dengan mengarahkan gambar atau foto (tracking) ke arah kamera, gambar, atau foto dua dimensi (2D) tersebut dapat berubah menjadi gambar tiga dimensi (3D) atau video. Tracking tidak selalu harus gambar atau foto 2D, kini kita dapat melakukan tracking pada wajah manusia, maupun obyek real lainnya.

Dalam dunia sosial media, Indonesia tercatat sebagai pengguna sosial media terbanyak di dunia. Wakil Atase Pers Kedubes AS Philip Roskamp mengungkapkan, pengguna Facebook di Indonesia masuk pada peringkat dua di dunia, sedangkan pengguna Twitter di Indonesia masuk pada peringkat tiga di dunia.

Sosial media tidak sekedar menyediakan fasilitas sharing dan sekedar chatting. Namun, juga memiliki nilai tambah sebagai penyedia konten informasi. Informasi yang diterima melalui sosial media bersifat real-time, hal ini menjadi kekuatan sosial media sebagai penyedia konten informasi.

Teknologi AR dapat diaplikasikan dalam sosial media. Dengan mengaplikasikan teknologi AR pada sosial media, maka fitur-fitur dalam sosial media dapat diakses dengan lebih interaktif dan memiliki nilai tambah hiburan dan informasi, sebagai nilai tambah dari kekuatan real-time. Terlebih lagi sosial media saat ini tidak hanya dapat diakses melalui komputer atau laptop saja, tapi juga dapat diakses melalui telepon genggam maupun perangkat mobile.

Augmented Reality (1)

Salah satu kelebihannya jika kita menggunakan perangkat mobile untuk mengakses sosial media berbasis AR adalah interaktivitasnya. Kita dapat menemukan posisi di mana teman kita berada dengan menggunakan sistem located based Global Positioning System (GPS) yang terintegrasi dengan kamera, dan dapat sekaligus mendapatkan informasi pribadi mengenai teman kita.

Bahkan jika diperlukan dapat juga melakukan video-call secara langsung melalui satu layar kamera. Dengan ini, kita tidak hanya mendapatkan informasi berbentuk tulisan, namun juga dalam bentuk gambar, lagu, video, lokasi, dan semuanya dilakukan secara real-time melalui hanya sebuah aplikasi!

Bayangkan betapa kaya interaksi yang dapat dilakukan di dalam aplikasi sosial media dan AR ini.

Halaman:
Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X